Rabu, 26 Februari 2020

Analisa Kebutuhan Server Untuk Aplikasi dan Lalu lintas jaringan komputer

Sebenarnya materi yang banyak membahas tentang mesin server dan infrastrukturnya adalah materi administrasi server yang dipelajari di SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), untuk menambah referensi kali ini saya akan menguraikan tentang materi dasar tkj untuk kelas kelas XI yang akan membahas mengenai Analisa Kebutuhan Server Untuk Aplikasi dan Lalu lintas jaringan komputer, apa yang akan diuraikan menyangkut, Analisa kebutuhan server, spesifikasi hardware, spesifikasi software dan kebutuhan minimal server.

Dengan Membaca artikel ini diharapkan anda akam mampu Menganalisis kebutuhan server untuk lalu lintas dan aplikasi jaringan komputer, Mampu menyajikan hasil analisis kebutuhan server untuk keperluan lalu lintas dan aplikasi jaringan komputer serta anda mampu mengidentifikasi kebutuhan minimum hardware dan software untuk kebutuhan server.


Server adalah perangkat jaringan yang memberikan layanan terhadap pengguna. Server melayani pengguna dengan handal dan harus bisa melakukanya setiap saat. Maka analisa terhadap kebutuhan server untuk bisa memenuhi tugasnya sangat dibutuhkan.



Server yang lemah, tidak sesuai, dan tidak handal, bisa membuat kerugian yang besar. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuat sebuah server.

Server harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan kesesuaian dengan hardware jaringan yang lainya, aktifitas bisnis yang dilakukanya, jumlah pengguna yang dilayaninya, juga harus dilengkapi dengan software yang mendukung kinerja hardware secara optimal, handal, dan terjamin




Apa itu Mesin Server ?

Server adalah komputer sentral atau komputer pusat yang berfungsi untuk menyediakan jenis layanan (service) tertentu yang dibutuhkan oleh client dalam sebuah jaringan komputer. Server juga berfungsi  menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation atau komputer yang terhubung ke server. Komputer Server biasanya didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Tugas utama server adalah melayani komputer client atau merespon setiap request atau permintaan dari komputer client. fungsi dari server itu sendiri sangat dipengaruhi oleh jenis server sebagai berikut:

1. Server Aplikasi
Server yang digunakan untuk menyimpan dan menjalankan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

2. Server Data
Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini dapat di akses oleh client dengan bantuan aplikasi yang ada di server.

3. Server Proxy
Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Analisa kebutuhan Server

Server adalah perangkat yang ditujukan untuk menyediakan sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainya. Terkadang server disiapkan untuk menangani pekerjaan berat, dan terkadang yang lainya disiapkan untuk menangani pekerjaan yang ringan. Jadi tidak semua kebutuhan server itu sama tergantung untuk layanan apa server tersebut disiapkan, mungkin beberapa kebutuhan bisa diminimalisir untuk menghemat biaya. 

Oleh karena itu ketika kita ingin menyiapkan server ada beberapa hal yang harus dianalisan dan disiapkan agar server yang kita siapkan cocok dengan tugas yang akan dikelolanya serta dapat bekerja secara maksimal.

Berikut adalah adalah beberapa hal yang harus diperkirakan untuk mendapatkan server dengan kinerja yang optimal:

1. Hardware Jaringan

Hadrawe adalah perangkat keras yang harus diperhitungkan ketika kita ingin menyiapkan server hardware yang dipilih akan sangat menentukan performa server, jika salah memilih hardware maka serverpun tidak dapat bekerja dengan baik. Hardware yang dimaksud adalah hardware jaringan yang bekerja sama dengan server, seperti Router, Switch, dsb. Pastikan, bahwa server kita bisa bekerja sama dengan hardware lainya, pastikan bahwa port untuk koneksi antara peripheral satu bisa bekerja dengan yang lainya.


2. Aktifitas Bisnis

Setelah hardware yang bisa bekerja sama dengan baik, maka kita harus tahu aktifitas bisnis kita seperti apa. Dalam analisa kedua ini, kita harus tahu seberapa berat aktifitas yang dilakukan oleh server, apakah server akan melakukan komputasi matematika yang rumit? Apakah server hanya menyediakan konten? Apakah server bekerja dengan keras sebagai penyedia jasa kriptografi?
Setelah mengetahui aktifitas bisnis, kita bisa menentukan kebutuhan hardware operasional dalam server kita, berapa clock rate yang dibutuhkan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan data, processor dan hardware lainnya yang merupakan hardware utama sebuah komputer server.


3. Jumlah Pengguna

Selain aktifitas bisnis, maka yang tidak bisa lepas darinya adalah jumlah pengguna. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin memerlukan kualitas hardware yang rendah, tapi dengan jumlah pengguna yang banyak, maka kualitas hardware yang tinggi juga dibutuhkan. 

𝒐𝒑𝒕𝒊𝒎𝒂𝒍=(𝒏𝒑𝒆𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒂∗𝒓𝒂𝒌𝒕𝒊𝒇𝒊𝒕𝒂𝒔 𝒃𝒊𝒔𝒏𝒊𝒔)∗𝒏𝒑𝒆𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒂 Untuk mendapatkan spesifikasi yang minimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas bisnis yang dibutuhkan karena mereka saring terkait satu sama lain. Spesifikasi minimal tersebut dikalikan dengan jumlah pengguna lagi untuk membuat margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas 

Sebuah struktur yang baik adalah apabila struktur tersebut tumbuh, dia tidak perlu dibangun lagi dari awal. Server harus bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang. Penentuan skema jaringan, dan juga pembagian sumber daya yang tepat, alokasi cadangan yang tepat bisa membuat perkembangan server dengan mudah tanpa harus merubah yang sudah jadi.

5. Titik Penyebaran

Server dengan pengguna yang tersebar mempunyai jarak yang berbeda-beda dalam mengirimkan informasi. Apabila titik penyebaran terlalu jauh, bukan tidak mungkin server sekunder yang lebih dekat harus dibuat. Pembuatan server sekunder, bisa membuat penyampaian informasi, apabila tidak dimungkinkan, maka optimalisasi hardware media pengiriman data harus ditingkatkan, seperti menggunakan media kecepatan tinggi seperti kabel fiber, dsb.

6. Software 

Ingat bahwa hardware tidak bisa bekerja tanpa software. Pemilihan software yang tepat juga dibutuhkan. Kita juga bisa melihat aktifitas bisnis yang dilakukan, apakah server berfungsi sebagai penyedia DNS? Berarti, kita harus menginstall software manajemen DNS di server. Bagaimana dengan pemilihan jenis atau merk DNS server? Pemilihan yang sesuai tergantung dari kebutuhan server, apabila server melayani jutaan pelanggan tiap harinya dan apabila mati sejenak bisa menyebabkan bencana, maka pemilihan merk software sebaiknya dilakukan sebaik mungkin untuk meminimalisir kerugian.


Analisis Spesifikasi Hardware Komputer Server

Hadware untuk komputer server ditentukan berdasarkan aktifitas bisnis dan jumlah pengguna, untuk mendapatkan hardware yang tepat biasanya menggunakan metode klasifikasi tingkatan yang disesuaikan dengan kebutuhan hardawre untuk bisnis.

Klasifikasi tingkatan dilakukan dengan membagi jenis-jenis hardware, seperti kebutuhan RAM, Hardisk, CPU Clock Rate, dll. Sebelum melakukan optimalisasi, maka formula perhitungan optimalisasi di atas harus dinormalisasikan.

Contoh kasus:
Perusahaan dengan pegawai sebanyak 1000 orang, dengan aktifitas bisnis melakukan pengunggahan laporan, pengunduhan laporan, dan validasi data. Dilakukan benchmark, bahwa dalam 1 menit, ada 500 orang melakukan aktifitas bisnis, dari aktifitas tersebut, 30 orang gagal, dan sisanya berhasil. Maka rasio aktifitas bisnisnya adalah 500-30/500, 94%, ada 6% yang gagal, sehingg rasionya adalah 106%.

Maka angka optimalisasinya, adalah 1000 * 1.0 * 1000 = 1,000,000.
Rasio akfitifas bisnis di optimalisasi harus 100%.
Lalu, dilakukan pencarian aktifitas puncak, 1 * 1.6 * 1000 = 1.600.000.
Rasio optimalisasinya 1.000.000/1.600.000 = 0.625

Maka RAM yang dibutuhkan adalah 16 Giga Byte.
Begitu pula dengan cara perhitungan jumlah memory, clock rate CPU, dsb. Harus diingat bahwa tabel klasifikasi ini harus ditentukan oleh orang yang benar-benar mengerti tentang optimalisasi, yang telah berpengalaman dalam melakukan klasifikasi kebutuhan.

Tabel klasifikasi muncul seiring dengan orang yang bertanggung jawab untuk melakuka klasifikasi tersebut mempunyai pengalaman saat operasional lapangan berlangsung

Analisis Spesifikasi Software Komputer Server

Ada banyak sekali merk software yang bisa digunakan dikomputer server di luar sana. Lalu, bagaimana kita bisa memilih merk yang sesuai? Untuk mendapatkan kemampuan server yang optimal, maka merk dari software sebagai contoh adalah aplikasi web server harus memenuhi 4 kriteria berikut:

1. Jaminan Aplikasi web server harus terjamin, dan apabila terjadi kerugian maka perusahaan web server tersebut juga harus ikut mempertanggung-jawabkanya.

2. Kontinuitas Jaman berkembang terus, merk web server harus terus dikembangkan seiring dengan berkembangnya teknologi, dalam kasus contohnya adalah perankat lunak web server seperti versi protocol HTTP, web server harus terus berkembang dan mengikuti standar prototokl HTTP yang baru tanpa melupakan yang lama.

3. Keamanan Web server yang aman, tidak rentan terhadap pencurian identitas, injeksi, dsb, adalah salah satu alasan kemampuanya untuk terus berjalan dan melayani pengguna.

4. Kehandalan Web server harus handal, dia tidak boleh sangat lemah hingga bahkan apabila hardware server sudah optimal, tapi software web server hanya bisa melayani 256 pengguna setiap menit.


Analisa kebutuhan server maupun hardware untuk komputer server memang tidaklah mudah, intinya harus sesuai dengan kebutuhan, untuk apa server tersebut digunakan, jika kebutuhannya sudah dapat dianalisa dengan baik, maka kebutuhan hardware dan software untuk komputer server dapat ditentukan dengan tepat sehingga server akan memiliki kinerja yang optimal setidaknya server memiliki kebutuhan minimal.