Sabtu, 29 Februari 2020

Memahami Ekplorasi dalam kegiatan belajar ilmiah kurikulum 2013

Ketika menggunakan metode pembelajaran kurikulum 2013 kita dituntut untuk menggunakan langkah-langkah pendekatan ilmiah atau sientifik, salah satu rangkaian tugas guru yang harus kita gunakan dalam proses belajar mengajar adalah melakukan ekplorasi atau mengumpulkan informasi, tahap ekplorasi ini adalah lanjutan dari tahap menanya yang berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan oleh para siswa di tahap sebelumnya.

Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi  pada dasarnya adalah penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, jika tujuannya adalah ingin mengenal suatu daerah maka implementasi ekplorasi adalah menjelajah daerah yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan daerah tersebut, begitu juga jika ekplorasi tujuannya adalah ingin mengetahui tentang suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari berbagai referensi.

Ketika menggunakan metode pembelajaran kurikulum  Memahami Ekplorasi dalam kegiatan belajar ilmiah kurikulum 2013
 

Pengertian Ekplorasi atau mengumpulkan informasi

menurut wikipedia pengertian ekplorasi jika dikaitkan dengan pendekatan saintifik adalah Mengumpulkan informasi/eksperimen bisa melalui membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Cara menerapkan Proses Ekplorasi dalam kegiatan belajar mengajar

Dalam kegiatan belajar mengajar yang melibatkan guru dan siswa, eksplorasi adalah proses mencari dan menghimpun informasi bisa  berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.

Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus eksplorasi adalah:

a.  Peserta didik
  • Membentuk kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya, kemudian menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
  • Mengali informasi melalui membaca, berdiskusi atau melakukan percobaan (eksperimen)
  • Mengumpulkan dan mengolah data

b.  Guru
  • Memberi umpan balik positif kepada peserta didik
  • Memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
  • Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
  • Menggunakan berbagai macam pendekatan atau media pembelajaran
  •  Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan sumber belajar, seperti buku internet dan sumber belajar lainnya.
  •  Melibatkan peserta didik secara aktif
  • Guru memberikan materi dan penjelasan kepada siswa yang berkaitan dengan kasus yang sedang dipelajari 
  • Guru memberikan tugas kesiswa untuk mendapatkan referensi yang dapat memberikan solusi terhadap kasus yang sedang dipelajari.

Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa adalah tentang instalasi komputer menggunakan sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapatkan banyak referensi tentang informasi untuk melakukan instalasi window, guru bisa memberikan arahan kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga akhirnya siswa mampu memahami dari sisi teori dan juga praktek.

Guru memberikan arahaan mengenai informasi yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan informasi lainnya yang berkaitan dengan instalasi.

Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca berbagai referensi yang berkaitan dan lainnya.

Jika siwa mampu mengumpulan informasi yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa langsung melakukan ekperimen, mendapatkan kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.

Inti dari ekplorasi adalah mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. jika tujuannya adalah siswa harus mampu melakukan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai referensi dan melakukan praktek.

Setelah ekplorasi dicapai dapat dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi  atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.