Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith, data dan paket

Mata pelajaran yang mempelajari jaringan komputer sebenarnya banyak dipelajari di SMK jurusan Teknik komputer jaringan (TKJ), hampir semua hal yang berkaitan dengan jaringan baik perangkat keras jaringan, administrasi, konfigurasi sampai perangkat keras jaringan dipelajari secara detail.

Sebenarnya Ada banyak sekali istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer, namun dari sekian banyak istilah di artikel kali ini saya akan menguraikan mengenai istilah LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan paket.

Mata pelajaran yang mempelajari jaringan komputer sebenarnya banyak dipelajari di SMK juru Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith, data dan paket


Untuk jurusan TKJ yang menggunakan kurikulum KTSP 2016, istilah tersebut dipelajari di kelas XI Semester 3, khusus untuk anda yang ingin mendapatkan referensi mengenai istilah jaringan tersebut, di artikel kali ini saya akan uraikan kembali mengenai apa itu LAN, WAN, MAN, Internet dan bandwith.


Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan paket

Berikut adalah pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan Paket:

1. LAN (Local Area Network)

LAN atau Local area network atau jaringan wilayah lokal Umumnya berkaitan dengan jenis jaringan berdasarkan luas wilayah yang mencakup wilayah lokal. 

Jaringan jenis ini  biasanya menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Contoh dari jaringan LAN diantaranya adalah jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. 

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Jaringan LAN memang sangat Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN),  LAN sendiri mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki  pesat data yang lebih tinggi
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN adalah lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.


Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

2. WAN (Wide Area Network)

Sama halnya dengan LAN, WAN juga merupakan jenis jaringan yang masih berkaitan dengan luas tidaknya wilayah yang digunakan, sedikit berbeda dengan LAN, jika LAN hanya mencakup ara lokal yang kecil, Namun WAN cakupan areanya lebih luas dari WAN.

Menurut wikipedia pengertian dari jaringan wan adalah Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Atau

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Atau ada juga yang mendefinisikan
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang  jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh.  WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain.  Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang cakupannya lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN.

Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Crackeruntuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

4. Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Secara sederhana, pengertian Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

Ketika kita logon (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

5. Bandwith

Anda mungkin pernah bertanya apa itu bandwith?, untuk orang yang sering berinteraksi dengan dunia online terutama yang berkaitan dengan aktivitas download atau upload saya yakin anda tidak akan asing dengan istilah bandwith.

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi / kecepatan yang digunakan pada saat transfer data antara client dan server yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps). Atau definisi bandwidth dalam artian lebih luas atau lebar adalah cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi.

Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).

6. Data

Ada banyak hal yang menggunakan istilah data, namun data yang erat kaitannya dengan komputer Data adalah fakta berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu Sistem Informasi.

Atau secara rinci pengertian data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.

Data masih belum dapat 'bercerita' banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengertian data juga bisa berarti kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, gambar atau yang lainnya.

Menurut kamus oxford definis data adalah "facts or information used in deciding or discussing something". Terjemahan bebasnya: "fakta atau informasi yang digunakan dalam menentukan atau mendiskusikan sesuatu". Juga bisa berarti "information prepared for or stored by a computer" dalam bahasa Indonesia berarti "informasi yang disiapkan untuk atau disimpan oleh komputer". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisis atau kesimpulan).

7. Paket (Paket Jaringan)

Pengertian Paket jaringan atau network packet adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan di atas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital.

Sebuah paket berisi packet header yang berisi informasi mengenai protokol tersebut (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau informasi lainnya), data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan packet trailer yang bersifat opsional.

Sebuah paket memiliki struktur logis yang dibentuk oleh protokol yang digunakannya. Ukuran setiap paket juga dapat bervariasi, tergantung struktur yang dibentuk oleh arsitektur jaringan yang digunakan. Paket jaringan juga dapat disebut datagram, frame, atau cell.


Demikian artikel tentang Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith, data dan paket, semoga uraian artikel di atas bisa menjadi bahan referensi bermanfaat baik untuk siswa maupun guru. semoga bermanfaat.