Senin, 24 Februari 2020

Perbedaan web programmer, web desainer, web administrator dan web master?

Web programmer, web desainer, web administrator dan web master, adalah jenis-jenis profesi bidang teknologi informasi yang sangat erat kaitannya dengan profesi pengembangan aplikasi web.

Pengembangan aplikasi web merupakan upaya sistematis dan prosedural yang dikerjakan dengan team untuk mengembangkan sebuah aplikasi web, semaca facebook, bukalapak, twitter dan aplikasi web lainnya.

Sedangkan aplikasi web sendiri merupakan perangkat lunak komputer berbasis jaringan yang dapat diakses menggunakan browser seperti mozila firefox, google chrome dan aplikasi browser lainnya.

Team yang bekerja membangun sebuah aplikasi web harus memiliki kemampuan dan wawasan yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi web, seperti penguasaan bahasa pemrograman web baik bahasa pemrograman web server maupun script client, selain itu mereka juga harus mampu menguasai penggunaan software-software desainer, penguasaan terhadap manajemen basis data, penguasaan terhadap perangkat lunak dan perangkat keras komputer server dan lain sebagainya.



Profesi yang terlibat untuk membangun sebuah aplikasi web umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun semuanya terintegrasi secara sistemasis sehingga bisa menghasilkan sebuah aplikasi web yang handal dan dapat berfungsi dengan baik.

Perbedaan web programmer, web desainer, web administrator dan web master?

Berikut adalah perbedaan antara webprogrammer web desainer, web administrator dan web master dalam pengembangan aplikasi web.

A. Web Designer 

Seorang desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout atau tampilan dari website yang akan dikembangkan.

Seorang web desainer harus mampu menentukan tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk memberikan harmonisasi dan menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  selain itu desain web yang sudah dibuat merupakan referensi untuk web programmer.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang web desiner selain kemampuan bahasa pemrograman yang berkaitan dengan desain tampilan juga harus memiliki kemampuan seni mendesain tampilan web baik menggunakan script web maupun menggunakan software-software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

B. Web Programmer 

Web Programmer adalah orang yang bertugas menulis sturktur kode program web untuk merealisasikan desain layout yang dibuat oleh web designer, tapi bukan hanya dari sisi tampilan saja, web programmer juga harus memperhatikan berfungsinya tombol, link, integrasi dengan basis data dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan antar muka tampilan dan interaksi pengguna.

Seorang web programmer harus menguasai bahasa pemrograman web server  dan juga script client seperti  seperti Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan program Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya.

Apabila website yang tersebut selesai dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung dapat mengaksesnya dengan baik.

C. Web Administrator 

Web Administrator adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi web yang memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi sampai dengan masalah trobleshooting pada komputer server.

Web Administrator akan menjaga kelangsungan dan kelancaran dari server untuk tetap bisa menjalankan aplikasi web, sehingga jika terjadi problem/masalah pada server, web administrator harus siap untuk memperbaikinya.

Seorang web administrator harus menguasahi beberapa hal, diantaranya:

  1. OS NT - Seorang web administrator harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis windows, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  2. OS Unix (LInux, FreeBSD, dll) - Seorang web administrator harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis linux, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  3. Jaringan (LAN, WAN, Intranet) - Seorang web administrator harus mempunyai bekal pengetahuan bidang jaringan komputer
  4. Keamanan Server - Seorang web administrator harus paham tentang sistem sekurity dan keamanan pada server

D. Web Master 

Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web).

Seorang web master dapat juga bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer. Bila seorang web master tidak pernah berhubungan dengan dunia digital, ia dapat mencari jasa ketiga pekerjaan di atas untuk membangun website yang diinginkannya dengan baik.

Itulah beberapa profesi yang sering dilibatkan dalam pengembangkan aplikasi web. semoga membantu.