Jumat, 28 Februari 2020

Remote Desktop dan Remote Akses (Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi remote desktop)

Istilah remote akses dan remote desktop tentu bukanlah hal baru di dunia jaringan, hampir semua instansi perkantoran yang sudah mengimplementasikan atau  teknologi jaringan pasti setidaknya sudah memanfaatkan teknologi remote desktop dan remote akses untuk mengadministrasi dan mengelola jaringan dengan lebih praktis dan lebih baik dari jarak jauh.

Seperti misalnya di kantor yang memiliki komputer server yang letaknya di gedung khusus secara terpisah, server pada umumnya tidak dilengkapi dengan monitor maupun keyboard, untuk mengendalikan server tersebut biasanya admin jaringan menggunakan teknologi remote desktop dan remote akses, caranya cukup mengaktifkan aplikasi remote desktop di komputer server atau komputer target, maka komputer target tersebut bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan komputer client atau komputer lainnya yang terhubung ke jaringan, baik jaringan local maupun jaringan internet.

Istilah remote akses dan remote desktop tentu bukanlah hal baru di dunia jaringan Remote Desktop dan Remote Akses (Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi remote desktop)


Untuk lebih memahami mengenai remote desktop dan juga remote akses disini saya akan jelaskan apa itu remote desktop dan juga remote akses dan apa fungsinya.

Pengertian Remote Akses?

Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu jaringan (network) sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di suatu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan. 

Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi setiap komputer client maupun server, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.

Fungsi Remote Akses

Secara umum aplikasi remote access mempunyai beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut wahana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:

  • Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
  • Mematikan komputer dari jarak jauh.
  • Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
  • Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
  • Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
  • Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  • Sharing resource dari jarak jauh.


Pengertian Remote Desktop?

Remote Desktop adalah salah satu aplikasi remote akses yang dapat memonitor kegiatan orang lain atau memonitor sebuah kinerja server dari jarak jauh. Menurut wikipedia remote desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389.

Untuk saat ini ternyata teknologi remote desktop bukan hanya disediakan di sistem operasi window tetapi juga sudah banyak sekali pengembang pihak ke 3 yang menyediakan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan remote desktop guna mengendalikan komputer dari jarak jauh, bahkan ada banyak sekali aplikasi remote desktop yang dapat berjalan di hampir semua sistem operasi.

Contoh Aplikasi Remote Desktop

Ada banyak sekali aplikasi remote desktop baik disediakan oleh sistem operasi, seperti msalnya windows ataupun disediakan oleh aplikasi pihak ke 3.
berikut adalah beberapa contoh aplikasi remote desktop yang banyak digunakan saat ini:

  • Windows Remote desktop, merupakan aplikasi yang sudah disediakan oleh sistem operasi windows
  • Team Viewer, sebuah aplikasi remote desktop yang disediakan oleh pihak ke 3 (bukan bawaan sistem operasi) yang dapat digunakan untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh, aplikasi ini lengkap dengan fitur chatng dan video call, dan banyak digunakan oleh pengembang software untuk berkolaborasi dalam mengembangkan sebuah software di tempat yang berbeda. Team viewer kini tersedia untuk versi desktop dan juga versi mobile, sehingga komputer bisa dikendalikan melalui perangkat HP.
  • Unified Remote Desktop, ini adalah aplikasi remote desktop yang dapat diintegrasikan dengan perangkat mobile, artinya sebuah komputer bisa dikendalikan melalui perangkat mobile seperti smartphone,tablet maupun hp, Untuk mengendalikan komputer menggunakan perangkat hp, maka aplikasi ini harus diinstal di komputer target, dan hp untuk mengendalikannya harus juga diinstal yang versi mobile, aplikasi ini banyak digunakan untuk media persentasi.

Demikian tentang Manajemen Remote Desktop dan Remote Akses (Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi remote desktop), semoga bermanfaat.