Rabu, 26 Februari 2020

Struktur & Contoh teks deskripsi tentang hewan, rumah, suasana, orang, alam benda dll

 Deskripsi merupakan salah satu teknik menulis menggunakan detail dengan tujuan membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan.

Menulis deskripsi bisa membuat karakter yang digambarkan lebih hidup gambarannya di benak pembaca. Sebuah obyek dalam deskripsi tidak hanya terbatas pada sesuatu yang dapat dilihat, didengar, dicium, diraba, dan dirasa saja, tetapi dapat pula berupa perasaan hati seperti rasa cemas, rasa takut, rasa jijik, rasa kasih, rasa cinta, rasa haru, dan sebagainya.

Deskripsi merupakan salah satu teknik menulis menggunakan detail dengan tujuan membuat pem Struktur & Contoh teks deskripsi tentang hewan, rumah, suasana, orang, alam benda dll


Penulis deskripsi yang baik, akan berusaha untuk melukiskan suatu objek dengan sejelas-jelasnya.


Untuk lebih mengenal teks deskripsi anda setidaknya harus mengetahui strukturnya dan juga contoh-contoh teks deskripsi sehingga anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan benar.

Struktur teks deskripsi

Untuk membuat teks deskripsi selain mengenal ciri-cirinya, andapun harus memahami strukturnya, sehingga teks deskripsi yang akan anda buat benar-benar memiliki struktur sebuah teks deskripsi yang baik.

Struktur teks deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Deskripsi umum 
Pada bagan deskripsi umum dijelaskan tentang definisi/identitas objek yang dideskrpsikan).

2. Deskripsi bagian
 Pada bagian deskripsi bagian dijelaskan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan.  Pengklasifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan gambaran-gambaran yang jelas.

3. Penutup
Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting

Contoh teks deskripsi

Teks deskripsi tidak hanya terbatas untuk membahas satu topik tertentu saja, apapaun yang anda inginkan bisa dibuat menjadi sebuah teks deskripsi dengan  melibatkan ciri-unsur-unsur dan struktur sebuah teks deskripsi.

Beberapa teks deskripsi yang bisa anda buat meliputi, teks deskripsi tempat, sekolah, suasana, benda, alat, lingkungan, hewan, alam dan teks deskripsi apapun.

Namun ingat ketika membuat teks deskripsi anda setidaknya harus mampu memberikan gambaran secara lengkap kepada para pembaca agar pembaca seoalah-olah merasakan hal-hal yang ditulis di teks deskripsi.

Berikut beberapa contoh teks deskripsi yang saya sajikan untuk anda:

Contoh teks deskripsi tentang Tempat

Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam, Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan obyek wisata alternatif.

Contoh teks descripsi tentang Hewan

Kelinci tergolong hewan mamalia pengerat seperti hamster, marmut, dan tikus. Hewan yang dikenal sangat lucu dan jinak ini memiliki ukuran telinga yang panjang, berkumis, dan memiliki kaki yang sangat kuat untuk melompat. Namun kelinci lebih mudah diidentifikasikan dengan ukuran telinganya yang panjang. Ukuran telinga pada kelinci bisa mencapai 10 cm. telinga hewan ini juga memiliki fungsi untuk mendeteksi munculnya predator yang akan memangsanya. Hewan bertelinga panjang ini mampu mendengar suara predator dengan prediksi jangkauan serta akurasi yang tepat. Telinganya juga berfungsi sebagai penjaga suhu panas tubuhnya terutama ketika musim dingin tiba. Kelinci memiliki kaki-kaki yang sangat kuat. Dengan kedua kakinya, kelinci mampu melompat dengan jangkauan hingga jarak satu meter. Lompatan kelinci juga merupakan sinyal pertanda bahaya yang disampaikan kepada kelompoknya di alam liar.

Contoh 2:
Saya mempunyai seekor binatang peliharaan, yaitu kucing. Kucing itu saya beri nama Pussy. Dia kucing yang lucu dan manis. Matanya berwarna kuning dan bulunya berwarna putih kecoklat - coklatan. Dia senang sekali tidur di atas bantal kesayanganku. Terkadang, ia juga suka tidur di pangkuanku saat aku sedang mengerjakan PR atau menonton televisi. Saya sangat menyayanginya karena kucing itu pemberian dari ayah sebagai hadiah ulang tahunku yang ke-8.

Contoh teks deskripsi tentang orang

Udin namanya, umurnya kira-kira 25 tahun, dia berperawakan tinggi dan berwajah ganteng, tidak heran banyak perempuan yang menggemarinya, yang membuat dia sangat menarik di kalangan kaum hawa bukan hanya perawakannya saja yang tinggi, udin memiliki rambut yang rapi sedikit ikal, hidung yang mancung, ditambah lagi matanya yang berwarna sedikit kebiru-biruan, maklum karena udin adalah anak blasteran indonesia jerman.

Nama lengkapnya michael udin, orang tuanya ingin memberi nama campuran antara sunda dan ke barat-baratan, walaupun namanya kampungan tidak lantas membuat udin minder, cara udin bergaul tidak kalah dari orang kebanyakan, tutur bahasanya halus, suaranya besar dan cara berjalannya tegap, dialah udin.

Contoh teks deskripsi tentang Suasana.

Di malam itu angin sangat besar ditambah lagi hujan yang terus menerus tidak berhenti dari pagi, jam menunjukan pukul 12 malam, suara longlongan anjing semakin memecah kesunyian, apalagi rombongan yang berjumlah 6 orang itu terpisah menjadi 3 kelompok, malam yang sunyi semakin membuat suasana mencekam dan menakutkan.