Minggu, 23 Februari 2020

UNBK 2019: Mengatasi Tidak ada tes yang valid hubungi proktor tes (exambro client tidak bisa login)

Toming Sek
Ya mungkin informasi ini bermanfaat, walaupun jarang terjadi, untuk saya pribadi permasalahan munculnya pesan "Maaf Tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor tes" merupakan permasalahan yang baru pertama kali saya alami, walaupun sudah beberapa kali menjadi proktor, permasalahan seperti itu tidak pernah saya alami sebelumnya.

Pesan Maaf tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor, muncul di aplikasi exambro client pada saat siswa login menggunakan user, dan password peserta.

Keanehan terjadi, karena Mesin server sudah aktif dan status tes pada Aplikasi CBTSync sudah dimulai, bahkan token sudah muncul. namun walaupun begitu client melalui aplikasi exambro client masih tidak mau masuk dengan muncul pesan tersebut.

Memang cukup kaget, apalagi tes pertama pada waktu itu sudah cukup telat karena ada permasalahan dengan beberapa komputer client.


Tapi alhamdulilah pada akhirnya, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan meminta informasi kepada proktor pusat.

Artikel ini saya buat untuk memberikan informasi kepada proktror unbk, ketika mengalami permasalahan exambro client tidak bisa login, mudah-mudahan bisa mengatasi permasalahan serupa yang mungkin dialami.

Mengatasi Exambro client Tidak bisa login ("Tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor tes")

Terjadinya permasalahan pada exambro client yang tidak bisa login, bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena jaringan terganggu, bisa karena server belum dinyalakan.

Sementara jika permasalahan exambro client tidak bisa login dengan pesan "Tidak ada tes yang valid" maka umumnya bisa disebabkan oleh:

1. Kelompok tes belum dipilih

Jadi sebelum para peserta UNBK melakukan login pada aplikasi exambro client, maka status tes di mesin server pada aplikasi CBT Sync harus sudah dimulai, langkah-langkahnya:

a. Silahkan proktor melakukan login di aplikasi CBT Synch di mesin server.

b. Pada aplikasi CBTSync pilih menu Status Tes  kemudian silahkan tentukan:
  • Daftar Tes
  • Kelompok
  • Lalu Tekan tombol Simpan / mulai

c. (Khusus untuk  unbk tahun 2019), Langkah selanjutnya di bilah memu sisi kiri Pilih menu Kelompok tes, pada halaman kelompok tes, silahkan tekan tombol Assign All, kemudian tekan tombol Save Changes


d. Selanjutnya, silahkan minta peserta UNBK untuk melakukan login di aplikasi Exambro client. maka peserta akan bisa login.


Langkah-langkah memulai status tes pada UNBK 2019 sekarang ini, jika di bandingkan dengan unbk 2018, memang sedikit berbeda, di UNBK 2019 setelah memulai tes pada menu Status tes, kita harus lanjutkan dengan memilih kelompok tes terlebih dahulu pada menu Kelompok tes di aplikasi CBTSynch.

Dengan begitu siswa pun yang awalnya tidak bisa login dengan munculnya pesan "Tidak ada tes yang valid" akhirnya bisa melakukan login.

Permasalahan di atas sederhana dan bisa jadi sangat jarang dialami, saya walaupun sudah 3 tahun menjadi proktor muncul permasalahan tersebut, karena kurang membaca panduan unbk 2019, karena sebelumnya saya menganggap akan saja, namun pada kenyataanya ada beberapa hal yang berbeda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat untuk anda, dan bisa memberikan solusi untuk permasalahan pada proses unbk yang sedang anda lakukan... Salam Proktor :)