-->

Keunikan Karya Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang dengan tujuan fungsional, yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kerajinan tangan, rumah, mobil, perabot rumah tangga).

Seni rupa terapan pada garis besarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu seni kriya (seni kerajinan) dan desain (rancangan).

Seni kriya atau kerajinan tangan banyak sekali terdapat di wilayah nusantara. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas sendiri-sendiri.  Seni kriya di wilayah nusantara pada umumnya masih sangat sederhana baik bentuk maupun teknik pengerjaannya. Perkembangan selanjutnya seni kriya di nusantara perlahan mulai dapat pengaruh dari budaya lain.

Hal ini disebabkan karena wilayah nusantara merupakan tempat persinggahan bangsa lain. Pengaruh dari luar mempengaruhi bentuk, corak, ataupun gagasan dalam berkreasi seni rupa terapan atau kerajinan.

Karya seni rupa terapan mengutamakan faktor kegunaan dan juga faktor estetikanya. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kedua faktor tersebut diperlukan rancangan, teknik dan perhitungan yang akurat didalam memilih bahan, bentuk (desain), ukuran, fungsi dan daya tahannya.

Seni kriya (seni kerajinan) merupakan salah satu bagian dari seni rupa terapan. Seni kriya adalah hasil pekerjaan tangan yang dilakukan oleh orang yang terampil dan berkemampuan. Pada  umumnya seni kriya dibuat sebagai barang produksi atau seni industri. 

Dalam mencipta karya seni rupa terapan , seorang seniman tidak lepas hubungannya dengan masyarakat. Dalam pembuatan seni kriya (seni kerajinan) mengutamakan keterampilan dan kecekatan. Ide atau gagasan menciptakan karya seni rupa terapan di samping untuk kepuasan diri sendiri juga untuk kebutuhan masyarakat.

Merancang sebuah karya seni rupa terapan tumbuh dari adanya gagasan atau ide, dan imajinasi. Gagasan yang baik dan diwujudkan dalam wujud rupa akan menjadi sebuah karya yang ideal. Gagasan atau ide seniman di dalam membuat suatu karya tidak terlepas dari hubungannya dengan alam, karya seni dan masyarakat.

LihatTutupKomentar