-->

Jumat, 05 Februari 2021

Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Kelas XI Semester 2

Contoh soal essay dan jawaban sejarah kelas xi semester 2 pada tulisan ini, diperuntukkan untuk siswa/i IPS, tetapi dari segi materi, tidak jauh berbeda dengan IPA. Semoga dengan adanya contoh soal berikut ini, dapat membantu siswa SMA/MA/SMK/Sederajat, sebagai media pembelajaran sebelum menghadapi ujian atau ulangan yang sesungguhnya. Dan bagi guru mata pelajaran Sejarah, semoga contoh soal-soal ini dapat menjadi perbendaharan soal.
Baca juga: contoh soal PG dan jawaban Sejarah kelas XI Semester 2 bagian pertama
Oke, berikut ini soal essay dan jawaban kewarganegaraan (PKN) berisikan tentang kekuasaan kolonialisme barat di Indonesia.

1. Untuk mengatasi persaingan dagang antara pedagang-pedagan Belanda di Indonesia, mereka membentuk persatuan dagang....
Jawaban: VOC

2. Bangsa Spanyol tiba di Maluku pada Tahun...
Jawaban: 1521

3. Pada tahun 1596, Belanda mulai melakukan pelayaran utuk menemukan pusat rempah-rempah yang ada di dunia timur. Perjalanan rombongan Belanda itu dipimpin oleh Cornelis de Houtman dan...
Jawaban: De Keyser

4. VOC dibubarkan karena.... pada tahun....
Jawaban: VOC dibubarkan karena memburuknya posisi keuangan pada tahun 1799

5. Penjajahan Belanda sejak 1870 melaksanakan paham....
Jawaban: liberal

6. Tanah yang digunakan seperlima dari tanah petani, tanah yang dipergunakan dibebaskan dari pajak. Dua kalima tersebut merupakan sebagaian dari ...................................tanam paksa.
Jawaban: ketentuan-ketentuan pokok tanam paksa

7. Magelhaens dan rombongannya merupakan kelompok yang pertama kali dapat berlayar mengelilingi dunia. Magelhaens berasal dari negara....
Jawaban: Spanyol

8. Setelah VOC dibubarkan, kekuasaan Belanda di Indonesia dipegang oleh....
Jawaban: Pemerintah Kerajaan Belanda

9. Cornelis de Houtman adalah pelopor penjajahan Samudra dari Belanda. Pada tahun 1596 telah dapat berlayar sampai ke Jawa, Indonesia. Daerah yang pertama kali disinggahi oleh kelompok Cornellis de Houtman adalah....
Jawaban: Banten

10. VOC merupakan kongsi dagang Belanda yang mendapat hak-hak istimewa dari pemerintah, antara lain....
Jawaban: hak monopoli perdagangan, hak memiliki tentara sendiri dan mengadili sendiri, hak menguasai dan mengikat perjanjian dengan kerajaan-kerajaan di daerah kekuasaan monopoli perdagangannya.

11. Imperialisme berasal dari bahasa Latin, imperare, artinya usaha suatu negara untuk menguasai, mengendalikan, dan memerintah negara lain demi keuntungannya. Secara garis besar, imperialisme dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan waktu munculnya dan berdasarkan tujuan penguasaannya.
Sebutkan jenis imperialisme berdasarkan tujuan penguasaannya!
Jawaban: Jenis imperialisme berdasarkan tujuan penguasaannya, yaitu imperialisme politik, imperiasme ekonomi, imperialisme kebudayaan, imperialisme militer.

12. VOC atau Vereenigde Oost Indische Compagnie adalah kongsi dagang milik Belanda yang didirikan pada tahun 1602. Kongsi dagang ini dibentuk untuk menghindari terjadinya persaingan diantara para pedagang Belanda sehingga VOC mempunyai beberapa hak istimewa.
Sebutkan hak-hak istimewa VOC yang diberikan pemerintah Belanda!
Jawaban: Hak-hak istimewa VOC yang diberikan pemerintah Belanda:
a. Melakukan monopoli perdagangan
b. Mengadakan perjanjian dengan kerajaan lain
c. Memiliki tentara sendiri dan menyatakan perang
d. mengangkat pegawai
e. mengeluarkan mata uang sendiri
f. mendirikan benteng
g. Mengadakan perdamaian
h. Memperluas wilayah kekuasaan

13. Apa yang menyebabkan terjadinya mobilitas sosial dalam masyarakat Indonesia pada masa kolonial Belanda?
Jawaban: Terjadinya mobilitas sosial masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda disebabkan oleh berkembangnya perkebunan-perkebunan besar yang membutuhkan tenaga kerja, setelah dikeluarkannya Undang-undang Agraria pada tahun 1870.

14. Pada masa penjajahan Belanda terjadi perubahan dalam stratifikasi sosial masyarakat Indonesia. Pada masa itu masyarakat Indonesia dibagi menjadi tiga golongan.
Sebutkan tiga golongan masyarakat di Indonesia pada masa penjajahan Belanda!
Jawaban: tiga golongan masyarakat di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu:
a. Golongan Belanda atau Eropa
b. Golongan Timur Asing.
c. Golongan Pribumi.
Baca juga: Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2
15. Bagaimana perkembangan ekonomi masyarakat di berbagai darah Indonesia pada masa kolonial Belanda?
Jawaban:  pada masa kolonial Belanda, rakyat, terutama para petani menanggung beban ekonomi yang amat berat. Rakyat diharuskan menanam tanaman yang menguntungkan pemerintah kolonial. Rakyat terancam kehilangan mata pencaharian karena banyak barang dagangan yang dijadikan monopoli pemerintah kolonial. Banyak dari mereka hanya sebagai kuli perkebunan. Mereka tidak bisa bergerak bebas mengembangkan perekonomiannya karena diawasi dan dibatasi.

Lanjut kebagian dua, contoh soal essay dan jawaban sejarah kelas XI semester 2 bagian dua