Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart-2

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-2 - Melanjutkan soal essai ekonomi peminatan bagian ke-1 (latihan nomor 1-10), untuk siswa SMA/MA bagian kedua postingan ini berisikan materi yang sama "Akuntansi Sebagai Informasi Bagi Dunia Usaha (Bab 1).

Materi yang sama dalam bentuk pilihan ganda, telah admin publish yang bisa anda baca mulai dari sini.

Berikut dibawah ini, soal essai/uraian ekonomi peminatan kelas xii semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 11.

11. Tuliskan pengertian akuntansi dan tujuan pokok akuntansi!
Jawaban : Pengertian akuntansi ialah proses megidentifikasikan, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi yang memungkinkan dilakukan penilaian dan keputusan yang tepat bagi para pemakai informasi tersebut. Tujuan pokok akuntansi ialah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

12. Sebutkan beberapa kreteria informasi akuntansi agar dikatakan berkualitas!
Jawaban : Kreteria informasi akuntansi agar dikatakan berkualitas:
a. Dapat dimengeri
b. Dapat dipercaya
c. Dapat dibandingkan
d. Materiality
e. Relevan
f. Umpan balik
g. Nilai prediksi
h. Tepat waktu
i. Perbandingan antara mamfaat dan biaya

13. Pengarang buku akuntansi yang pertama, yaitu….
Jawaban : Lucas Paciolo

14. Bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah yaitu….
Jawaban : Government accounting

15. Profesi akuntansi yang bertanggung jawab penuh untuk segala aspek keuangan dalam suatu perusahaan dan hal tersebut termasuk dalam akuntansi keuangan dinamakan….
Jawaban : Controller

16. Salah satu profesi akuntansi yang bertugas menbukukan semua transaksi tepat waktu dan menghasilkan laporan secara periodic berdasarkan dengan format yang ditentukan yaitu….
Jawaban : Akuntan

17. Akuntansi biaya disebut juga dengan….
Jawaban : Cost accounting

18. Etika profesi akuntansi berupa bentuk penilaian dalam hal kualitas yang diberikan anggota dinamakan…..
Jawaban : Objektivitas

19. Etika yang berupa setiap anggota profesi akuntansi dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan kerangka dinamakan….
Jawaban : Pelayanan public

20. Sistem akuntansi Amerika dinamakan….
Jawaban : Anglo saxon

21. Mengapa cakupan akuntansi lebih luas dari pada pembukuan?
Jawaban : Cakupan akuntansi lebih luas dari pada pembukuan. Hal ini dikarenakan pembukuan sebagai dari kegiatan akuntansi

22. Jelaskan isi buku Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita!
Jawaban :  buku Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita hasil karya seorang dari Venesia yang bernama Lucas  Paciolo. Isi dalam buku ini yakni mengenal akuntansi dan menjadi tonggak sejarah dalam bidang akuntansi. Buku ini membahas mengenai Tractatus de computist el Scriptorio, yang berarti cara-cara pembukuan dengan berpasangan (double book keeping), yang sampai sekarang masih banyak digunakan. 

23. Jelaskan tanggung jawab akuntansi!
Jawaban : Seseorang akuntan bertanggung jawab menghasilkan laporan keuangan dan informasi akuntansi lainnya dalam suatu perusahaan.

24. Berbagai naskah mengenai pelajaran akuntansi di Italia pada abad ke….
Jawaban : XV

25. Bidang akuntansi yang tujuan laporan keuangan untuk dasar penentuan pajak yang menjadi beban perusahaan serta penghitungan untuk kepentingan penyusunan laporan pajak, yaitu….
Jawaban : Tax accounting

Lanjut ke soal latihan nomor 26-35 ==> Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-3