-->

Kamis, 18 Februari 2021

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-4

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-4 merupakan lanjutan soal essai/uraian agama Islam bagian ke-3 (soal nomor 26-35), dan bagian keempat berisikan materi yang sama dengan sebelumnya, yaitu tentang Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru.

Dimulai dari pertanyaan nomor 36, berikut dibawah ini soal essay PAI kelas 11 semester genap dengan kunci jawaban-nya.

36. Bagaimana sikap kita apabila ditegur guru karena kita diajak ngobrol teman?
Jawaban: mendengarkan teguran guru, mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak ngobrol lagi selama jam pelajaran berlangsung.

37. Bagaimana sikap kita jika guru sedang menerangkan pelajaran?
Jawaban: sikap kita jika guru sedang menerangkan pelajaran adalah mendengarkan dan memperhatikan dengan saksama dan bertanya dengan sopan apabila ada yang kurang jelas.

38. Apa saja perbuatan terbaik yang bisa dilakukan seorang anak kepada tuanya!
Jawaban:
a. Bergaul bersama keduanya dengan cara yang baik
b. Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Janganlah bermuka masam di hadapan mereka
c. tawadhu (rendah hati)
d. memberi infak atau sedekah kepada kedua orang tua

39. Sebutkan perbuatan yang termasuk menyakiti orang tua!
Jawaban:
a. Menimbulkan gangguan kepada orang tua, baik berupa perkataan ataupun perbuatan yang membuat orang tua sedih atau sakit hati.
b. Berkata “ah atau “cis” dan tidak memenuhi panggilan orang tua.
c. Membentak atau menghardik orang tua
d. Bahkhil atau kikir, tidak mengurus orang tuanya. Bahkan lebih mementingkan yang lain daripada mengurus orang tuanya, padahal orang tuanya sangat membutuhkan.
e. Bermuka masam dan cemberut di hadapan orang tua, mengatakan bodoh, “kolot”, dan lain-lain.

40. Bagaimana sikap sopan ketika berhadapan dengan guru?
Jawaban: ketika berhadapan dengan guru, misalnya duduk dengan tawadu’, tenang, diam, posisi duduk sedapat mungkin berhadapan dengan guru, menyimak perkataan guru sehingga tidak membuat guru mengulangi perkataannya.

41. Apakah amal yang tidak akan terputus apabila seseorang meninggal menurut salah satu hadis Rasulullah?
Jawaban: amal seseorang yang tidak terputus meski seseorang sudah meninggal adalah amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

42. Setelah menghormati orang tua, kita wajib menghormati guru. Mengapa harus demikian?
Jawaban: setelah menghormati dan menghargai kedua orang tua, maka setiap murid wajib menghormati dan menghargai gurunya. Sebab gurulah yang telah berjasa memberikan pelajaran dan pendidikan kepada muridnya agar kelak menjadi manusia yang luhur budinya, cakap, serta menjadi warga negarra yang berguna bagi agama, tanah air, nusa dan bangsanya.

43. Mengapa taat kepada orang tua hanya pada hal baik saja?
Jawaban: taat dan patuh pada orang tua hanya sebaas dalam hal yang baik. Hal ini dikarenakan tidak ada ketaatan di dalam kemaksiatan. Artinya seorang anak tidak boleh menaati kedua orang tuanya sehingga meninggalkan perkara-perkara yang sifatnya kewajiban kepada Allah SWT atau untuk bermaksiat kepada Allah SWT.

44. Bagaimana sikap anda untuk senantiasa hormat dan patuh kepada orang tua? Jelaskan alasan anda melakukan hal ini!
Jawaban: Selalu berbakti kepada kedua orang tua, karena kedudukan orang tua di dalam Islam sangatlah istimewa. Tingkatan ketaatan kepada orang tua persis setelah ketaatan kepada Allah dan rasul-rasul-Nya.  Seperti yang telah dijelaskan dalam Q.S. al-Isra’: 23-24.

45. Berbuat baik kepada orang tua, walaupun mereka berbuat aniaya. Apa maksud dari sikap demikian?
Jawaban: maksudnya anak tidak boleh menyinggung perasaan orang tuanya walaupun ia telah menyakiti anaknya. Jangan sekali-kali seorang anak berbuat tidak baik atau membalas ketidakbaikan keduanya.

Lanjut ke soal nomor 46-60 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-5