Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart-5

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5 - Soal ekonomi peminatan kurtilas semester ganjil kelas xii SMA/MA postingan bagian kelima ini, berisikan materi yang sama dengan soal essai/uraian ekonomi peminatan bagian ke-4 (latihan nomor 36-45), yaitu "Persamaan Dasar Akuntansi".

Bagi yang belum membaca dari bagian pertama, bisa membaca tulisan sebelumnya, soal essay ekonomi peminatan Akuntansi Sebagai Informasi Bagi Dunia Usaha

Berikut di bawah ini, soal essay ekonomi peminatan kelas 12 semester 1 K13 edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 46.

46. Apa fungsi utama akuntansi biaya?
Jawaban : Fungsi utama akuntansi biaya yaitu mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya, baik yang telah dikeluarkan maupun yang direncakan akan dikeluarkan untuk digunakan oleh pemimpin perusahaan sebagai alat control atas kegiatan yang telah dilakukan serta alat untuk membuat rencana pada masa mendatang.

47. Pada tanggal 12 Desember 2016,salon Rima membeli secara kredit bermacam-macam perlengkapan salon seharga Rp6.000.000,00 jelaskan pengaruh transaksi tersebut terhadap persamaan dasar akuntansi!
Jawaban : Pembeli semacam ini bisa disebut dengan pembelian kredit dan kewajiaban yang ditimbulkan disebut dengan utang dagangan atau uang usaha. Pengaruh dari transaksi ini adalah bertambahnya aktiva dan utang masing-masing sebesar Rp130.000.00

48. Sumber pembelanjaan dapat dibagi menjadi dua,Sebutkan!
Jawaban : Sumber pembelanjaan dapat di bagi menjadi dua yakni dari kreditor dan pemilik.

49. Apakah yang dimaksud kewajiban?
Jawaban : Kewajiban adalah sumber pembelanjaan dari kreditur

50. Pada bulan tersebut Rahma mengangsur pinjaman perusahaan kepada bank sebesar Rp1.000.000,00 Terangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap pemasarandasar akuntansi!
Jawaban : Pengaruh transaksi ini adalah uang kas berkurang sebesar Rp1.000.000,00 dan uang bank berkurang Rp1.000.000,00

51. Kewajiban perusahaan kepada pihak bank dalam persamaan dasar akuntansi disebut….
Jawaban : Utang

52. Kekayaan,utang,dan modal yang dimiliki perusahaan dapat tercermin dalam….
Jawaban : Persamaan akuntansi

53. Hal penting yang dipegang dalam persamaan dasar akuntansi adalah….
Jawaban : Adanya prinsip keseimbangan antara harta dengan aktiva

54. Kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan disebut….
Jawaban : Harta

55. Persamaan akuntansi berfungsi untuk….
Jawaban : Mengenalkan awal pemikiran akuntansi dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan

56. Terangkan yang dimaksud akuntansi umum!
Jawaban : Akuntansi umum (general accounting), yaitu akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman kepada prinsip akuntansi. Laporan keuangan itu dapat digunakan sebagai informasi internal dan eksternal perusahaan.

57. Mengapa semua transaksi usaha yang dilakukan oleh perusahaan harus diukur?
Jawaban : Semua transaksi usahan yang dilakukan oleh perusahaan harus diukur. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi.

58. Jelaskan hubungan transaksi perusahaan dengan keuangan perusahaan!
Jawaban : Setiap transaksi keuangan akan memengaruhi posisi keuangan perusahaan, dengan adanya transaksi dapat memengaruhi pada kelompok aktiva saja atau bisa juga memengaruhi pasiva saja atau bahkan memengaruhi aktiva dan pasiva secara bersamaan.

59. Mengapa persamaan akuntansi menunjukkan posisi keuangan perusahaan?
Jawaban : Persamaan akuntansi menunjukkan posisi keuangan perusahaan. Karena semua transaksi usaha akan mempengaruhi posisi keuangan, maka setiap transaksi dapat dinyatakan dalam bentuk efeknya terhadap ketiga unsur dalam persamaan akuntansi.

60. Tanggal 2 Februari 2016,CV Biro Lancar membeli peralatan secara tunai dengan harga Rp19.000.000,00 jelaskan pengaruh transaksi tersebut terhadap persamaan dasar akuntansi!
Jawaban : Transaksi CV Biro lancar selanjutnya adalah pembelian peralatan. Untuk itu dikeluarkan uang sebesar Rp19.000.000. transaksi ini mengubah komposisidalam persaman dasar akuntansi, dimana aktiva berkurang yaitu modal dan modal berkurang sebesar Rp19.000.000.00.

61. Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan….
Jawaban : Harta = ha katas kekayaan

62. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan disebut….
Jawaban : Aktiva

63. Hak atas kekayaan dalam persamaan dasar akuntansi dibagi menjadi dua,yaitu….
Jawaban : Hak yang berasal dari kreditur dan dari pemilik perusahaan

64. Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan suatu persamaan yaitu….
Jawaban : Harta (assests) = ha katas kekayaan (equality)

65. Aktiva sebuah perusahaan berasal dari….
Jawaban : Inventasi pemilik dan pinjaman /orang ketiga

Lanjut ke soal penilaian tengah semester ganjil ==> 49 Contoh Soal UTS/PTS Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban