Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

–Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3  Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Tema 3 Kelas 6 SD Subtema 1 Pembelajaran 6



Baca teks  berikut dalam hati!

Roda, Pengubah Wajah Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Awalnya roda dibuat oleh ahli  menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk  kendaraan di sekitar  tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Seiring dengan perkembangan zaman, roda  terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear  pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara.  Pada perkembangannya, saat ini  roda mempunyai banyak ukuran dan jenis,  ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Ayo berdiskusi

Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa  penemuan roda. Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah  sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?

 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 55

Apakah teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!
Teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplansi ilmiah karena menerangkan sesuatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf  pada diagram berikut! 

Paragraf 1: Topik Masalah
Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang mempermudah semua pekerjaan.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Awalnya roda dibuat menggunakan mesin pemintal kain. Peninggalan roda tertua berasal dari Mesopotamia.Perkembangan roda dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat.

Paragraf 3: Deret Penjelas
Tahun 1839, Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan Tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya.

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.

Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sehubungan dengan penemuannya? Apakah mereka bertanggung jawab atas hak yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita temukan jawabannya!


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 56

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya. 

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:

1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut! 
Kebebasan berkarya dan mengembangkan karyanya.

2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Ya, karena kebebasan berkarya membuat mereka akhirnya menemukan sesuatu penemuan yang bermanfaat.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan penemuannya dan mereka merasa bermanfaat bagi orang banyak.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena mereka menggunakan hak mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Contohnya penemuan roda oleh Thomson dan Dunlop yang mempermudah pekerjaan manusia seperti distribusi barang.

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu berdasarkan masukan mereka. 

Baca dengan teliti  cerita pendek berikut!

Hak dan Tanggung Jawab

Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 57 dan 58

1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Jawaban:
Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.

2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Ya, karena orang tuanya telah memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Jawaban:
Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut:

 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59

Bandingkan  jawabanmu dengan jawaban  teman yang lain. Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Bagaimana dengan dirimu sendiri?  Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah  kamu dapatkan? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 59

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menggunakan hak yang telah kamu dapatkan. Tulis dalam diagram berikut:


 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59




Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1  Pembelajaran 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam