Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Halaman 130, 131, 132

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Halaman 130, 131, 132

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 6


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Halaman 130, 131, 132

Minggu pagi Siti membaca Surat Kabar di samping ayah. Siti dan ayahnya membaca surat kabar di teras rumah. Siti membaca berita terjadinya bencana banjir di sebuah desa salah satu wilayah Jawa Tengah. Siti merasa iba kepada korban banjir tersebut. Banjir pasti akan memengaruhi kesehatan masyarakat yang terkena. Siti bertanya kepada ayahnya tentang penyebab bencana banjir di daerah itu. Ayah pun menjelaskan kepada Siti tentang faktor penyebab terjadinya bencana banjir.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 130

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut!

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Halaman 130, 131, 132

Berdasarkan gambar di atas, berikan pendapatmu tentang faktor penyebab terjadinya banjir! Tuliskan pada kolom berikut.

Faktor penyebab terjadinya banjir sebagai berikut.

  1. Curah Hujan yang Tinggi
  2. Membuang Sampah Sembarangan
  3. Perusakan Lahan
  4. Penebangan Hutan
  5. Pemukiman Liar
Menjaga lingkungan masyarakat menjadi tanggung jawab segenap warga masyarakat. Banjir yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, kebanyakan akibat kelalaian warga masyarakat setempat. Warga masyarakat tidak sadar dengan tanggung jawabnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Contohnya membuang sampah di sungai. Tindakan warga masyarakat membuang sampah di sungai, jelas akan mengakibatkan banjir di musim penghujan. Hal itu terjadi, karena sampah akan menyumbat aliran air sungai dan air akan meluap ke pemukiman penduduk. Dengan adanya banjir, otomatis kesehatan lingkungan dan masyarakat pun akan terganggu.

Itulah salah satu contoh akibat tidak adanya kesadaran warga masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya. Banyak akibat lain yang bisa terjadi karena tidak adanya kesadaran warga masyarakat dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Apa sajakah itu?

Ayo Berdiskusi

Banyak bentuk tanggung jawab warga masyarakat, misalnya menjaga kebersihan, keamanan, dan ketenangan lingkungan masyarakat. Bagaimanakah akibatnya jika tanggung jawab tersebut tidak dilaksanakan warga masyarakat? Diskusikan secara kelompok. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu pada kolom berikut.

Hasil diskusi kelompok.

Akibat-akibat tidak dilaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

  1. Dikucilkan oleh warga masyarakat setempat.
  2. Tidak dipercayai oleh warga masyarakat.
  3. Tidak dihargai oleh warga masyarakat.
  4. Tidak dianggap sebagai warga dilingkungan tersebut.
  5. Menjadi bahan pembicaraan warga masyarakat setempat.
  6. Akan mendapat teguran dari warga masyarakat setempat.
Setiap warga masyarakat hendaknya memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawab dalam lingkungannya. Pentingnya pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga masyarakat, dapat dituangkan dalam bentuk pantun seperti berikut.

"Pagi pagi makan roti
Ini semua buatan ibunya
Wahai kawan baik hati
Bertanggung jawab wajib hukumnya"

"Minta uang langsung diberi
Beli baju pasti kita senang
Bertanggung jawab bikin hati berseri
Semua riang semua senang"

Kunci Jawaban Tematik Halaman 131

Ayo Menulis

Cermati kembali pantun di atas. Tuliskan amanat yang terkandung dalam pantun tersebut. Tuliskan amanat pantun dan presentasikan di depan kelas!

Amanat pantun sebagai berikut.

  • Kita harus bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan
  • Dengan tanggung jawab kita akan membuat orang lain merasa senang
  • Nasihat tentang pentingnya melaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat selain dapat dituangkan melalui pantun juga dapat dituangkan melalui gambar di samping.

    Gambar di samping, menceritakan tentang pelaksanaan tanggung jawab warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Menjaga keamanan lingkungan, dapat dilaksanakan melalui kegiatan siskamling secara bergantian.

     Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Halaman 130, 131, 132

    Kunci Jawaban Tematik Halaman 132

    Ayo Berkreasi

    Buatlah gambar cerita dengan tema “Dengan berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan kita akan terjaga” Buatlah alur cerita sederhana, tentukan tokoh dan karakternya, lalu tentukan adegan gambar. Gambar cerita cukup 4 adegan gambar saja. Buatlah gambar sebaik mungkin dan menarik. Buat gambar cerita pada kertas karton. Kumpulkan pada Bapak/ Ibu Gurumu!

    Alternatif Jawaban:
    Jawaban di sesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi




    Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Halaman 130, 131, 132 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam