Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124

.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri. 

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 4 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 4



 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124

Ayo Membaca


Aku Cinta Produksi Indonesia
Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri. 

Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang  mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antar- negara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri. 

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentuhanya kita, sang anak  negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 119

Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.

Kosakata Non Baku
Kosakata Baku
Banyak Lho
Banyak

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif.

Kalimat tidak efektif
Kalimat efektif
Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.
Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang  produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.
Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas, produksi dalam negeri yang kualitas nya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Banyak baju, sepatu, atau tas, produksi dalam negeri yang kualitas nya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang di butuhkan dalam pengiriman  produk ke negara lain.
Kemajuan teknologi memotong biaya pengiriman produk ke negara lain.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 120

Tulislah kembali isi teks di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan kata baku dan kalimat efektif.

Jika diperhatikan, di antara barang-barang di sekitar kita tentu ada yang diproduksi dari luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Namun, apakah ditemukan produk dalam negeri? Banyak produk-produk Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Kemajuan teknologi di era globalisasi mampu mengurangi biaya pengiriman barang antar negara. Dahulu, produk impor dikenai pajak yang tinggi oleh pemerintah untuk membatasi barang dari luar negeri masuk dan melindungi produk dalam negeri. Hal ini membuat produk impor mahal bagi masyarakat, kecuali bagi mereka yang mampu membelinya. Saat ini, perdagangan bebas telah membuat pajak tidak lagi tinggi. Sehingga produk dalam negeri harus bersaing dengan produk luar negeri.

Jika produk luar negeri lebih diminati masyarakat, dapat merugikan para produsen dari manapun bahkan orang-orang terdekat kita sekalipun.

Masyarakat kita sendirilah yang harus menghargai kreativitas produk sendiri demi memelihara kelangsungan produksi dalam negeri. Maka dari itu, ketika suatu saat ketika kita berbelanja sesuatu, kita hendaknya memilih produk dalam negeri.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 121 - 122

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut.

1. Mengapa kita harus cinta produk Indonesia?

Karena kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri, untuk menghargai karya anak bangsa, dan untuk memajukan ekonomi Indonesia.

2. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?

Membeli dan menggunakan produk buatan Indonesia. Seperti pakaian, buah kendaraan dan lain-lain

3. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?

Para produsen lokal akan mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka dan mengalami kerugian yang berujung pada lemahnya ekonomi nasional.

4. Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia?

Ekonomi indonesia akan semakin kuat karena tingkat konsumsi yang tinggi didukung oleh semakin rendahnya impor barang dari luar negeri.

5. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari?

Memajukan usaha para pengrajin, meningkatkan ekonomi para pengrajin, dan membuat kreativitas para pengrajin semakin berkembang.

6. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?

Membuat ekonomi Indonesia stabil bahkan meningkat, menurunkan angka kriminalitas, menurunkan angka kemiskinan, dan mendukung pembangunan Indonesia.

7. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah menggunakan produk Indonesia? Ceritakan pengalamanmu.

Sudah. Sebagian besar dari barang-barang saya di rumah adalah produk Indonesia. Contohnya buku, tas, sepatu, bola, lemari, sandal, karpet, makanan, pakaian, dan masih banyak lagi. Namun tidak bisa dipungkiri, saya juga menggunakan produk luar negeri seperti motor, televisi, handphone, magic com, dan beberapa barang yang lain.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 123 – 124


 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124

1. Hitunglah luas permukaan bangun 1.

L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2

2. Hitunglah luas permukaan bangun 2.

L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2

3. Hitunglah luas permukaan bangun 3.

L = 4 x (12 x 6) + 2 x (6 x 6)
L = 4 x 72 + 2 x 36
L = 288 + 72
L = 360 cm2

4. Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3

Luas bangun 1 dan 2 sama, sedangkan bangun 3 tidak sama dengan bangun 1 dan 2.
.
5. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan?

Sisi bangun ruang yang meyentuh bangun lain dalam bangun gabungan tidak bisa lagi disebut permukaan sehingga tidak termasuk bagian dari luas permukaan bangun gabungan.

Hitunglah luas permukaan bangun berikut.

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124

L = 4 x (20 x 10) + 2 x (10 x 10)
L = 4 x 200 + 2 x 100
L = 800 + 200
L = 1.000 cm2


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com.