Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 105, 108, 110, 111, 112

–Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Pembelajaran 5 Halaman 105, 108, 110, 111, 112  Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 5 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 5



Ayo Berkrasi


Apakah kamu masih ingat langkah-langkah membuat poster dengan menggunakan tangan? Jelaskan.

  1. Tentukan subjek yang akan dijadikan
  2. Merumuskan pesan yang akan disampaikan
  3. Menyusun kalimat yang jelas dan singkat
  4. Memilih kata-kata dan gambar yang menarik dan mudah diingat
  5. Menuliskan dengan huruf besar dan paduan warna yang menarik


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 105


Ayo Berdiskusi

Apakah kamu masih ingat komoditas apa saja yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di ASEAN?

Diskusikan pertanyaan tersebut secara berpasangan dan tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Karet
Indonesia merupakan produsen karet terbesar urutan kedua di dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2014 Indonesia mampu menghasilkan hingga 31.200 ton. Hasil ini meningkat di tahun 2018 menjadi 53.200 ton. Hasil karet Indonesia berasal dari Sumsel, Sumut, Jambi, Riau, dan Kalbar. Negara yang menjadi pemgimpor karet Indonesia di ASEAN adalah negara Singapura.

Perangkat elektronik
Catatan menunjukkan bahwa nilai ekspor produk elektronik di tahun 2015 mencapai US$ 500 miliar yang jika dirupiahkan menjadi 6,76 triliun rupiah. Di kawasan ASEAN sendiri, negara yang menjadi tujuan utama ekspor elektronik Indonesia adalah Malaysia, Singapura, dan Filipina. Komoditas elektronik yang diekspor Indonesia meliputi produk elektronik berbasis industri, penangkap sinyal televisi dan panel elektronika.

Tekstil
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang terjitung dari Januari hingga Maret 2013, nilai ekspor pakaian jadi Indonesia non-rajutan mencapai US$ 1,01 miliar. Negara pengimpor tekstil Indonesia di ASEAN antara lain Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Kulit dan produk olahannya. 
Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, nikai ekspor produk kulit Indonesia mengalami peningkatan. Produk kulit tersebut meliputi alas kaki dan produk kulit jadi seperti sepatu. Data yang terhitung mulai Januari-September 2018 menunjukkan bahwa nilai ekspor produk kulit mencapai USD 4,16 miliar. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017, persentase peningkatan mencapai 6,28%. Pasar utama ekspor kulit dan produk kilit Indonesia adalah negara Amerika Serikat dan China. Untuk kawasan ASEAN, Indonesia mengekspor kulit dan produknya ke Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Batu bara
Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia. Provinsi Kalimantan adalah daerah yang menjadi sumber cadangan batu bara di Indonesia. Walaupun tidak sebanyak dulu, Kalimantan masih mampu menghasikan batu bara hingga 281 juta ton setiap tahunnya. Negara India dan China menjadi pengimpor utama batu bara dari Indonesia. Negara ASEAN yang mengimpor batu bara Indonesia adalah Vietnam.

Ayo Mengamati

Amati gambar limas segitiga dan limas segiempat beserta jaring-jaring berikut.

  Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 105, 108, 110, 111, 112

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan pada limas segitiga dan segiempat?


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 108


Tuliskan persamaan dan perbedaan yang kamu temukan berdasarkan pengamatanmu.

Persamaan :

  • Keduanya memiliki sisi tegak berupa bangun segitiga.
  • Keduanya memiliki 1 titik puncak.
  • Keduanya memiliki 1 sisi alas.

Perbedaan :

  • Limas segitiga memiliki 3 sisi tegak, sedangkan limas segiempat memiliki 4 sisi tegak.
  • Limas segitiga memiliki alas berbentuk segitiga, sedangkan limas segiempat memikiki alas berbentuk segiempat (persegi atau persegi panjang).
  • Limas segitiga memiliki 4 sisi, sedangkan limas segiempat memiliki 5 sisi.
  • Limas segitiga memiliki 4 titik sudut, sedangkan limas segiempat memiliki 5 titik sudut.
  • Limas memiliki 6 rusuk, sedangkan limas segiempat memiliki 8 rusuk.

 

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 110


Sebuah limas segiempat mempunyai alas dengan panjang 5 cm dan lebar  4 cm. Tinggi dari limas tersebut adalah 6 cm. Berapakah volume dari limas tersebut?

V = luas alas x tinggi x 1/3
V = (5 x 4) x 6 x 1/3
V = 20 x 6 x 1/3
V = 40 cm3Jadi, volume dari limas tersebut adalah 40 cm3.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 111, 112


Ayo Berlatih

Buatlah soal cerita tentang menghitung volume limas segitiga.

Seorang pengusaha membuat sebuah gantungan kunci berbentuk limas segitiga. Gantungan kunci  tersebut memiliki alas segitiga dengan panjang 8 cm dan tinggi 6 cm. Jika gantungan kunci tersebut memiliki tinggi sepanjang 10 cm, berapakah volumenya?

Buatlah soal cerita tentang volume limas segiempat.

Paman Edo telah selesai membangun atap gazebo berbentuk limas segiempat. Gazebo tersebut memiliki alas yang panjangnya 2,5 m dan lebarnya 2 m. Jika tinggi atapnya saja 1,2 m, berapakah volumenya?


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 105, 108, 110, 111, 112  yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari