Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 115, 116

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Pembelajaran 6 Halaman 115, 116 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 5 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 6



Ayo Mengamati


Raga, Sukma, dan Semesta

Perjalanan Ibu Made Yuliani menggagas, membuat, dan memperjuangkan Bali Tangi sebagai produk lokal, didasari ketulusan dan keinginan luhurnya untuk mewujudkan masyarakat yang hidup sehat selaras dengan alam.

Dengan pengalamannya berpuluh tahun sebagai bidan, beliau menyadari betul pentingnya proses menyehatkan jiwa raga, sekaligus merawat lingkungan.

Sebagai putri Pulau Dewata, ia terbiasa hidup dalam keyakinan bahwa alam semesta amatlah kaya akan warisan untuk dikembangkan, dan bukan dihabiskan, demi manfaatnya bagi masyarakat luas.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 115, 116

Bahan dasar seluruh produk Bali Tangi diambil dari tanaman lokal yang  sebagian besar dibudidayakan di tanah dewata oleh petani lokal. Proses penanaman, pengambilan bahan, panen, pengeringan sampai dengan selesainya rangkaian pembuatan produk, dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan.

Untuk pembuatan wewangian dari tumbuhan kering yang lazim disebut potpourri, bahan dasar yang digunakan adalah daun, bunga, dan buah yang sudah rontok atau terlihat mati. Proses pengeringan juga dilakukan dengan cara konvensional, tanpa menggunakan alat atau bahan kimia apapun. Tempat pengeringannya pun memanfaatkan lahan yang ada.

Begitu pula dengan produk lain seperti bedak dingin, lulur, sabun, dan boreh, dibuat dengan cara yang sengaja disederhanakan agar memungkinkan bagi siapapun untuk menirunya, sekalipun hanya untuk pemakaian rumah tangga.

Sungguh mengagumkan perjalanan sebuah industri yang saat ini sudah merambah ke tingkat internasional, namun masih tetap dapat mempertahankan idealisme luhurnya, “Bukan hanya kebugaran raga, tapi juga perawatan kesegaran sukma. Bukan hanya rempah, minyak, dan khasiatnya, tapi juga hasil bumi yang ditanam dengan ketulusan hati. Bukan pula hanya bertujuan untuk berpadu dengan alam, namun juga menyatu dengan semesta.”

Hanni Armansyah, berdasarkan wawancara dengan Ibu Made Yuliani, Juli 2014


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 115


Setelah membaca teks tentang Bali Tangi, buatlah 5 pertanyaan tentang wirausaha tersebut.

1. Siapa ibu Made Yuliani ? 
2. Berasal dari manakah ibu Made Yuliani ? 
3. Produk apakah yang dibuat ibu Made Yuiani ? 
4. Berasal dari manakah bahan dasar produknya itu ? 
5. Apa saja bahan yang digunakan Ibu Made Yuliani ?


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 116


1. Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani?

Produsen produk Bali Tangi.

2. Sikap apa yang bisa kita pelajari dari Ibu Made Yuliani?

Mau melestarikan produk lokal, berusaha bermanfaat bagi masyarakat, dan bertanggung jawab terhadap keterjagaan lingkungan.

3. Apa manfaat dari usaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani?

Menyehatkan masyarakat, memberdayakan petani lokal, dan kondisi lingkungan terjaga.

4. Apakah kamu menemukan sikap tanggung jawab yang ditunjukkan oleh Ibu Made Yuliani dalam menjalankan usahannya? Jelaskan.

Ya. Proses produksi wirausaha Ibu Made Yuliani dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan mulai dari penanaman hingga menjadi produk. Hal ini menunjukkan bahwa Ibu Made Yuliani tidak hanya mementingkan usahanya tetapi tetap bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 129

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 115, 116 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .