Cara seting Virtual box untuk simulasi konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet

Cara seting Virtual box untuk simulasi konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet - Virtual box adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menciptakan mesin virtual (computer virtual) sama halnya seperti computer fisik pada umumnya. virtual box sering menjadi pilihan karena penggunaanya cukup mudah.

Saya pribadi sering menggunakan virtual box untuk simulasi jaringan, salah satu simulasi jaringan yang sering saya praktekan menggunakan virtual box adalah untuk konfigurasi mikrotik, seperti konfigurasi menghubungkan mikrotik dengan internet, konfigurasi blokir situs dengan mikrotik dan konfigurasi mikrotik lainnya.

Saya menggunakan virtual box berhubung di smk tempat saya mengajar memiliki keterbatasan sarana perangkat keras, oleh karena itu untuk anda yang kebetulan memiliki keterbatasan perangkat keras dan berkeinginan ingin mempraktekan konfigurasi mikrotik, maka salah satu alternative yang dapat digunakan adalah virtual box.

Cara seting Virtual box untuk simulasi konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet Cara seting Virtual box untuk simulasi konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet


Dengan virtual box anda bias menciptakan beberapa mesin computer virtual yang dapat diinstal system operasi seperti windows linux dan juga mikrotik, juga sekaligus dapat digunakan untuk simulasi jaringan computer yang terhubung langsung ke jaringan internet.

Namun untuk anda yang ingin mengkonfigurasi mikrotik menggunakan virtual box, ada beberapa pengaturan yang harus diperhatikan sebelum konfigurasi dilakukan, jika pengaturan benar maka konfigurasi pun akan berjalan dengan baik.

Untuk itu di artikel kali ini saya akan coba memberikan sebuah panduan seting atau pengaturan virtual box untuk konfigurasi mikrotik yang dapat terhubung ke jaringan internet.

Cara seting Virtual box untuk konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet

Berikut adalah langkah-langkah virtual box untuk konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet:

1. Instal virtual box di computer anda

Sebaiknya anda memilih virtual box versi terakhir agar fiturnya lebih lengkap dan support dengan semua versi system operasi windows yang anda gunakan.

Langkah-langkah instalasi virtual box tidak akan saya jelaskan secara panjang lebar, saya yakin anda sudah tahu caranya, silahkan download virtual box versi terakhir terlebih dahulu, lalu instalkan di computer anda.

2. Buat Mesin Virtual di virtualbox untuk instalasi mikrotik OS

Langkah kedua setelah anda menginstal virtual box, silahkan buat mesin virtual yang nanti akan digunakan untuk instalasi sistem operasi mikrotik.

Untuk membuat mesin virtual untuk instalasi mikrotik langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan virtual box yang sudah anda install

b. Pilih tombol New  dipojok kiri atas, atau bisa juga memilih menu mechine > new



Nama : misal Mikrotik-OS
Type : pilih linux
Version : Other Linux (32-bit)

Kemudian tekan tombol Next untuk masuk ke pengaturan memory seperti gambar di bawah ini:



Silahkan sesuaikan Ukuram Memory untuk mesin virtual yang anda buat, geser dan sesuaikan tapi jangan sampai melewati warna merah.

Selanjutnya tekan tombol Next untuk menuju ke pengaturan hardisk seperti gambar di bawah ini:



Kemudian pilih opsi Create a virtual hardsik now, lalu tekan tombol Create


Pilih Salah satu, misalkan VDI (Virtualbox disk Image), kemudian tekan tombol Next


Pilih Dynamically alocated, kemudian tekan lagi tombol Next.

Di tampilan berukutnya kemudian tekan tombol Create untuk membuat mesin virtual.

Mesin virtual box pun sudah berhasil kita buat, tampilannya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:
.

3. Instalkan Mikrotik di mesin virtual yang sudah dibuat sebelumnya

Langkah-langkah untuk menginstal mikrotik di mesin virtual adalah sebagai berikut:

a. Download sistem operasi mikrotik, kemudian simpan filenya di komputer anda di lokasi yang mudah diakses.

b. Buka Virtual box, kemudian double-klik Nama mesin virtual yang sudah kita buat sebelumnya yaitu  Mikrotik-OS.


Silakan tekan tombol Browser di kanan warna kuning, lalu arahkan dan pilih file mikrotik yang sudah anda download sebelumnya.



Selanjutnya tekan tombol Start, komputer virtual pun akan melakukan restart dan akan langsung masuk ke mode instalasi mikrotik.


Tekan tombol a pada keyboard, untuk memilih semua opsi instalasi yang tersedia

Kemudian tekan tombolkeyboard i untuk mulai menginstal, lalu tekan tombol Y dan tekan lagi tombol Y untuk menyetujui instalasi.

Tunggu proses instalasi sampai selesai. sampai muncul text yang meminta anda untuk menekan enter untuk reboot, seperti tampilan gambar di bawah ini.


Sebaiknya jangan dulu menekan enter untuk reeboot, tapi keluarkan dulu file instalasi mikrotik yang digunakan, caranya pilih dengan klik menu Devices >  Mikrotik 6.33.exe untuk menghilangkan centang.

Setelah itu baru tekan tombol Enter dan tekan tombol Y untuk merestart mikrotik, mikrotik pun akan melakukan restart.

c. matikan mikrotik,
Caranya setelah mikrotik melakukan restart, maka akan muncul perintah login seperti gambar di bawah ini:


Silahkan login dengan user: admin dan password kosongkan saja lalu enter 2 kali, maka anda akan masuk ke halaman utama mikrotik seperti gambar di bawah ini:


Silahkan ketikan sy sh, lalu enter untuk menshutdown mikrotik. biarkan sementar mikrotik mati, kemudian kita coba melakukan konfgurasi seting virtual box.

5. Konfigurasi Pengaturan Virtual Box Untuk Konfigurasi Mikrotik

Ketika kita menggunakan virtual box untuk konfigurasi server mikrotik, maka sebelum melakukan konfigurasi, anda harus melakukan pengaturan di virtual box untuk memberikan mesin virtual 2 buah network adapter dengan ketentuan:

Network adapter 1 digunakan untuk terhubung ke jaringan Local (LAN), dan 
Nnetwork adapter 2 digunakan untuk dihubungkan ke jaringan publik (internet)

Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Di virtual box, pilih nama mesin virtual untuk mikrotik yang sudah anda buat sebelumnya, lalu pilih menu settings (gambar roda gigi).

2. Pada halaman pengaturan, di bilah menu sisi kiri pilih menu Network lalu klik Adapter 1 dan centang Enable network adapter, seperti gambar di bawah ini:


Attach to : pilih Host-only Adapter
Name : pilih VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter.

Pengaturan ini digunakan agar mesin virtual bisa terhubung dengan komputer yang kita gunakan dimana virtualbox terinstal.

3. Selanjutnya klik tab Adapter 2, lalu centang Enable Network Adapter


Attach to : pilih Bridge Adapter
Name : silahkan pilih nama network adapter di komputer anda yang anda gunakan untuk terhubung ke internet.

Untuk kasus saya saya pilih Atheros.... wireless network adapter, karena kenetulan di komputer saya menggunakan wireless untuk terhubung ke jaringan internet. silahkan cek di control panel nama network adapter yang terhubung ke internet, jangan sampai tertukar agar konfigurasi mikrotik bisa berjalan dengan baik.

4. Tekan tombol OK jika sudah selesai
Dengan pengaturan di atas maka mesin virtual untuk instal mikrotik, akan memiliki 2 NIC (network adapter), adapter 1 terhubung ke komputer yang kita gunakan yang difungsikan sebagai client, sedangkan adapter 2 kita hubungkan langsung ke internet melalui jaringan internet yang masuk ke komputer atau laptop yang sedang kita gunakan.

Baca juga: Cara menghubungkan mikrotik yang terinstal di virtualbox dengan internet

Dengan pengaturan di atas maka mesin virtual mikrotik sudah bisa digunakan untuk simulasi mikrotik menggunakan virtual box.