Menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet menggunakan virtualbox dan winbox

Untuk anda yang sering berkecimpung di dunia jaringan pasti tidak asing dengan mikrotik, sebuah sistem operasi server yang dapat digunakan untuk mengelola jaringan komputer secara profesional.

Mikrotik dapat dikatakan sebagai router yang dapat menjembatani antara 2 jaringan yang berbeda, seperti misalnya jaringan local (LAN) dengan jaringan internet (WAN).

Mikrotik digunakan ketika si pengguna menginginkan akses komputer client (local computer) terhadap internet atau jaringan publik ingin dicontrol dengan baik, seperti misalnya ingin membatasi bandwith untuk setiap client agar sumber daya tidak terpakai sepenuhnya oleh hanya 1 komputer, untuk memblokir situs-situs tertentu dan lain sebagainya.



Ada banyak sekali fungsi mikrotik, namun di artikel kali ini saya hanya ingin menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet menggunakan virtualbox.

Saya disini menggunakan virtualbox sebagai alternatif untuk anda yang tidak memiliki sarana yang memadai untuk berlatih konfigurasi mikrotik, cukup dengan virtual box yang terinstal di komputer anda, maka anda sudah bisa berlatih konfigurasi mikrotik tanpa harus memiliki routerboard mikrotik atau komputer server.

di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet menggunakan virtualbox agar mikrotik bisa mengakses internet.

Tentu saja konfigurasi mikrotik agar terhubung ke internet sebenarnya sangat mudah, apalagi anda menggunakan routerboard mikrotik, namun ketika mikrotik di instal di virtualbox banyak sekali pengguna yang kesulitan melakukannya, umumnya dikarenakan pengaturan virtual box untuk mesin mikrotik salah.

Menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet menggunakan virtualbox

Untuk menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet, namun mikrotik yang terinstal kita jalankan melalui virtualbox sebenarnya sangatlah mudah, jika konfigurasi virtual box sudah anda settings dengan benar.

Kali ini saya akan coba mengkonfigurasi mikrotik yang terinstal di mesin virtualbox menggunakan aplikasi winbox.

Langkah-langkah menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet di virtualbox adalah sebagai berikut:

1. Pastikan mesin virutal untuk menginstal mikrotik di virtualbox sudah diseting dengan benar.

Mesin virtual harus memiliki 2 network adapter, 1 terhubung ke jaringan lock (dalam hal ini adalah komputer yang kita gunakan), dan network adapter ke2 terhubung ke jaringan internet.

Seting harus dilakukan dengan benar agar konfigurasi mikrotik untuk dihubungkan ke internet bisa berjalan dengan baik.

Cara settings virtualbox untuk mikrotik tidak akan saya bahas disini, anda bisa membacanya di artikel berikut:
Seting / pengaturan virtualbox untuk konfigurasi mikrotik di mesin virutal

2. Jalankan mesin virtual mikrotik

Jika konfigurasi sudah anda lakukan, silahkan jalankan mesin virtual mikrotik di virtualbox
Carany:
Double- Klik pada nama mesin virtual yang sudah terinstal mikrotik, tunggu hingga mikrotik menampilkan halaman yang meminta anda untuk login:

3. Aktifkan Winbox

Pastikan anda menggunakan winbox versi terbaru, jika anda belum punya silahkan download winbox versi terbaru terlebih dahulu.

Ketika dijalankan winbox akan mampu mendeteksi mikrotik, pilih tab neighboard kemudian silahkan refresh, maka akan muncul daftar ip seperti tampilan di bawah ini:


Untuk login ke mikrotik yang baru diinstal dan belum dikonfigurasi, kita harus mengunakan MAC Address untuk login, silahkan klik pada baris kolom macaddress yang IP addressnya menggunakan code seperti tampilan diatas.

Lalu tekan tombol Connect untuk login, jika berhasil anda akan masuk ke halaman utama winbox untuk konfigurasi mikrotik.


3. Reset Mikrotik melalui winbox

Sebelum konfigurasi untuk pertama kali, silahkan reset dulu mikrotiknya melalui winbox caranya, pilih menu System > Reset Configurations,


lalu centang opsi No Default Configuration, kemudian tekan tombol Reset Configuration

Tunggu beberapa saat, maka Mesin Mikrotik akan direset, dan anda akan keluar dari winbox, Selanjutnya setelah keluar, silahkan lakukan login ulang dengan menekan tombol Reconect.

4. Konfigurasi Mikrotik agar terhubung ke internet

Untuk mengkonfigurasi mikrotik agar terhubung ke internet melalui virtualbox ada 2 cara, bisa secara manual atau cara otomatis.

Yang paling mudah adalah cara otomatis, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Ubah nama interface
Interface mewakili network adapter, secara default biasanya namanya ether (ether1, ethet3..... dst)

Di winbox, silahkan Pilih menu Interfaces


Ganti Ether 1 dengan LAN, caranya double klik saja pada baris ether1, lalu kasih nama LAN, biarkan yang lainnya, kemudian klik OK



Ganti ether 2 dengan nama WAN, ether2 mewakili adapter2 di virtual box yang kita gunakan untuk terhubung ke internet, caranya sama dengan di atas.

Jika selesai maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


Merubah nama interfaces sebenarnya opsional, namun untuk memudahkan konfigurasi di tingkat lanjut, sebaiknya diubah namanya.

b. Aktifkan DHCP Client untuk Interface WAN
DHCP Client digunakan agar mikrotik mendapatkan IP public atau ip address yang satu segmen dengan ip internet dari ISP.

Teknik ini dipilih jika anda tidak memiliki data IP address dari ISP atau ip public dari isp selalu berubah,ubah.

dalam hal ini interface yang digunakan adalah interface WAN yang terhubung ke internet.

Caranya, pilih menu IP > DHCP Client, kemudian Tekan tombol biru, lalu pada windows New DHCP Client, pada opsi Interface: pilih WAN, biarkan yang lainnya, kemudian tekan OK.



Sampai tahap ini, anda sudah memberikan ip address otomatis ke interface WAN dan sekaligus menghubungkan mikrotik ke Internet, akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


Itu artinya mikrotik sudah mendapakan ip public dan sudah terhubung ke internet.

c. Cek koneksi internet
Selanjutnya cek koneksi internet untuk memastikan mikrotik sudah terhubung ke internet.
Caranya, pada winbox pilih menu New Terminal, kemudian setelah muncul, tekan enter 1 kali, kemudian ketikan ping yahoo.com  atau ping google.com lalu enter.


Jika muncul seperti gambar di atas, itu artinya mikrotik yang terinstal di virtualbox sudah terhubung dengan internet.

Itulah cara Menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet menggunakan virtualbox dan winbox. selamat mencoba dan semoga berhasil.