Selasa, 25 Februari 2020

Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address karena mac address mikrotik tidak muncul di winbox -

Untuk mengkonfigurasi routerboard mikrotik yang saat ini banyak digunakan adalah menggunakan software winbox. Winbox merupakan sebuah utility yang digunakan untuk melakukan konfigurasi secara remote ke server mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface).

Dengan menggunakan winbox maka untuk melakukan konfigurasi mikrotik anda tinggal melakukan klik dan klik saja tidak perlu harus repot-repot mengetikan perintah mikrotik yang cukup rumit.

Untuk melakukan konfigurasi mikrotik menggunakan winbox, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan mikrotik ke komputer dan ke jaringan internet menggunakan kabel jaringan, setelah itu baru mikrotik bisa dikonfigurasi melalui winbox yang terinstal di komputer.

Jika mikrotik sudah terhubung dengan baik dengan komputer, maka ketika winbox di buka secara otomatis, winbox akan mampu mendeteksi MAC Address default yang digunakan oleh mikrotik, melalui mac address tersebut anda bisa login dan melakukan konfirugasi mikrotik melalui winbox.

Ada satu permasalahan yang sering ditemukan ketika ingin melakukan konfigurasi routerboard mikrotik melalui winbox, Win box tidak dapat mendeteksi Mac address mikrotik yang bersangkutan, sehingga walaupun routerboard mikrotik sudah terhubung dengan baik, Mac address mikrotik tersebut tidak muncul.

Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa mac address dari mikrotik tidak mampu terdeteksi oleh winbox, bisa karena masalah kabel yang kurang baik, mikrotik dalam keadaan rusak/ crash dan lain sebagainya.

Namun jika bukan dikarenakan masalah tersebut, penyebabnya bisa jadi karena di komputer anda yang anda gunakan untuk konfigurasi mikrotik melalui winbox  terinstal softare virtualisasi, seperti misalnya virtual box, vm ware dan semacamnya.

Software virtual seperti winbox, vm ware dan semacamnya biasanya akan sekaligus mengaktifkan driver virtual (virtual network adapter).

Jadi berdasarkan pengalaman saya virtual network adapter dari aplikasi virtual box atau VMWare dapat memblokir winbox dengan microtik sehingga si winbox tidak akan dapat mendeteksi macaddress microtik.

Bagaimana Cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya sebenarnya anda tidak perlu mengunistal softare virtual tersebut, tapi cukup menonaktifkan virtual network driver di komputer anda.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Di komputer anda silahkan masuk ke Control Panel\Network and Internet\Network Connections

2.  Cari Network driver milik software virtualisasi. Sebagai contoh seperti di komputer saya, karena saya menginstal virtual box, maka ada 1 network driver virtual dengan nama Virtual box host only adapter yang harus saya nonaktifkan / disable,

Untuk menonaktifkannya cukup klik kanan pada nama virtual driver lalu pilih disable, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address karena mac address mikrotik tidak Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box
Pastiwan network driver virtual tersebut dalam keadaan disable atau non-aktif.

3. Silahkan aktifkan kembali Winbox yang anda gunakan
Untuk WinBox versi 3.11, silahkan klik pada tab  Neightbor untuk memastikan bahwa Macaddress sudah dapat terdeteksi. Jika koneksi benar, maka anda akan melihat daftar mac address seperti pada gambar di bawah ini:

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address karena mac address mikrotik tidak Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box


 Jika Mac Address muncul, anda bisa menggunakan mac address tersebut untuk login ke winbox untuk melakukan konfigurasi mikrotik.

Demikian artikel sederhana tentang cara Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box, semoga bermanfaat.