Selasa, 25 Februari 2020

Solusi UNBK : Browser not found / VHD can not Run (Exambro Admin)

Toming Sek
Sebelumnya saya pernah menjelakan  solusi vhd service is ready secara terus menerus, ternyata masalah yang bisa muncul bukan hanya itu saja, ada satu lagi  permasalah yang terkdang dialami proktor pemula ketika mengkonfigurasi server Untuk UNBK adalah masalah Browser not found / VHD canot Run.

Masalah tersebut biasanya muncul ketika si pengguna menjalankan Exambro admin dan menekan tombol Start VM.

Sebenarnya bukan masalah serius sih, namun jika belum tau solusinya kemungkinan anda akan dibuat bingung, ini pernah terjadi pada salah satu teman saya yang kebetulan baru ditunjuk menjadi proktor dan di sekolahnya baru pertama kali mengikuti unbk.

Memang awalnya saya pribadi pun sempat dibuat bingung dengan permasalahan tersebut, karena permasalahan tersebut juga saya baru melihatnya. tapi ternyata permasalahan tersebut bisa muncul karena aplikasi exambro admin belum di seting dengan benar, biasanya sih terlewat karena pengguna melakukan konfigurasi server unbk tidak melihat referensi panduan atau manual.

Solusi UNBK : Browser not found / VHD canot Run

Permasalahan ini muncul kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Exambro tidak mau berjalan

Jika anda mengalami masalah tersebut artinya, seting aplikasi exambro belum diatur dengan benar, aplikasi exambro tidak dapat menemukan Path Google chrome. exe dan path Virtual box terinstal.

Langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut:

1. Klik pada menu settings

2. Silahkan sesuaikan Browserpath dan VM Box manage path


Browser Path : Silahkan arahkan pada lokasi googlechrome.exe terinstal.
Misalkan: C:\Users\SMK\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Cara mendapatkan lokasinya, klik saja icon google chrome di desktop, lalu pilih properties
 ternyata masalah yang bisa muncul bukan hanya itu saja Solusi UNBK : Browser not found / VHD can not Run (Exambro Admin)

Kemudian silahkan copy text pada kotak Target, lalu paste di pengaturan exambro admin.

VBox Manage Path: Silahkan arahkan pada lokasi instalasi Virtual box:
Misal : C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\ (awas jangan pake kutif)

Cara mendapatkan lokasinya, klik saja icon virtual box di desktop, kemudian pilih properties

 ternyata masalah yang bisa muncul bukan hanya itu saja Solusi UNBK : Browser not found / VHD can not Run (Exambro Admin)

Silahkan copy teks pada kotak Start in, lalu paste di kotak Vbox Manage path, di exambro admin, (ingat hilangkan kutifnya)

Setelah pengaturan di atas selesai, langkah selanjutnya silahkan tekan tombol Simpan, kemudian coba jalankan kembali Exambro Admin dengan menekan tombol Start VM.

Jika pengaturan benar, maka aplikasi exambro admin akan berjalan dengan baik.

Demikian artikel singkat bagaimana solusi mengatasi masalah Browser not found / VHD canot Run pada exambro admin ketika dijalankan, semoga membantu.