Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart-4

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-4 - Soal-soal essai latihan ekonomi kelas 11 semester genap K13 edisi revisi SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat berisikan materi soal yang sama dengan soal PG ekonomi bagian ke-5, yaitu soal tentang kerjasama ekonomi internasional dan perdagangan internasional yang diambil dari Bab 3.

Tidak hanya itu, materi tentang kerjasama ekonomi internasional (Bab 3), merupakan materi setelah siswa menyelesaikan UTS/PTS mapel ekonomi, dan merupakan tulisan lanjutan Bab 1, soal essay tentang APBN dan APBD sampai bab 2, soal essay tentang perpajakan dalam pembangunan ekonomi (soal nomor 26-35).

Berikut dibawah ini, soal ekonomi kelas xi semester genap lengkap dengan kunci jawaban dimulai dari pertanyaan nomor 36.

36. Transaksi ekspor-impor barang antarnegara dicatat dalam suatu…
Jawaban: neraca perdagangan

37. Neraca pembayaran internasional (internasional balace of payment) suatu negara merupakan laporan keuangan negara yang bersangkutan atas semua transaksi ekonomi dengan negara-negara lain yang disusun secara….
Jawaban: sistematis

38. Transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri disebut….
Jawaban: transaksi kredit

39. Jelaskan macam sistem pembayaran internasional!
Jawaban: sistem pembayaran internasional, antara lain: cash in advance, open account, private compensation dan L/C (Letter of Credit), dengan penjelasan berikut ini:
a. Cash in advance, yaitu cara pembayaran secara tunai yang dilakukan pembeli/importir kepada penjual/eksportir sebelum barang dikapalkan.
b. Open account, yaitu pembayaran dilakukan setelah produk dikirim atau setelah jangka waktu tertentu. Cara ini bisa dilakukan oleh penjual atau pembeli yang sudah saling percaya.
c. Private compensation, yaitu cara pembayaran yang dilakukan antara pembeli dan penjual dengan cara melakukan kompensasi atas utang-piutang sehingga mengurangi atau meniadakan transfer valas ke luar negeri.
d. Letter of Credit (L/C), yaitu suatu surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issuing bank atas permintaan pembeli/importir yang ditujukan kepada penjual/eksportir melalui advising/confirming bank dengan menyatakan bahwa issuing bank akan membayar sejumlah uang tertentu apabila syarat-syarat yang ditetapkan dalam L/C telah dipenuhi.

40. Sebutkan tujuan pemberian subsidi!
Jawaban: tujuan pemberian subsidi, antara lain adalah untuk meningkatkan produksi di dalam negeri dan agar barang buatan sendiri dapat dijual dengan harga relatif murah sehingga dapat meningkatkan daya saing terhadap barang-barang impor maupun pasar ekspor dan dapat mempertahankan jumlah konsumsi dalam negeri.

41. Transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri disebut….
Jawaban: transaksi debit

42. Salah satu cara melakukan proteksi yang sifatnya nontariff disebut….
Jawaban: kuota

43. Apakah yang dimaksud dengan valuta asing!
Jawaban: valuta asing adalah mata uang asing yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Diantaranya, Dolar-Amerika, Euro-Eropa, Yen-Jepang, Yuan-Cina, dan Riyal-Arab Saudi

44. Jelaskan pengertian dari dumping!
Jawaban: dumping adalah suatu kebijakan diskriminasi harga secara internasional (international price discrimination) yang dilakukan dengan menjual suatu komodidti di luar negeri dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang dibayar konsumen di dalam negeri.

45. Sebutkan macam cadangan devisa!
Jawaban: cadangan devisa suatu negara biasanya dikelompokkan atas cadangan devisa resmi dan cadangan devisa nasional. Keduanya adalah berikut ini:
- Cadangan devisa resmi, yaitu cadangan devisa yang dimiliki oleh Negara (pemerintah). Cadangan devisa ini dikelola, dikuasai, diurus, dan ditatausahakan oleh Bank Sentral
- Cadangan devisa nasional, yaitu seluruh devisa yang dimiliki oleh perorangan, badan atau lembaga, terutama perbankan yang secara moneter merupakan kekayaan nasional (termasuk milik bank umum nasional)

Lanjut ke soal nomor 46-55 => Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5