-->

Sabtu, 02 Januari 2021

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban - Soal essai/uraian ekonomi peminatan kelas XII semester ganjil K13 edisi revisi untuk siswa SMA/MA postingan ini, berisikan materi yang sama dengan soal PG ekonomi peminatan yang telah admin publish sebelumnya, yaitu "Akuntansi Sebagai Informasi Bagi Dunia Usaha" (Bab 1), seperti soal mengenai Akuntasi sebagai sistem informasi serta ruang lingkup akuntansi sebagai sistem informasi.

Selain itu, bagi anda yang saat ini masih menggunakan kurikulum 2006/KTSP, bisa membaca tulisan yang telah admin publish, pada postingan : Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawabannya

Dimulai dari pertanyaan nomor 1, berikut dibawah ini soal essai/uraian ekonomi peminatan dilengkapi kunci jawaban

1. Terangkan mengenai akuntansi pemerintah!
Jawaban : Profesi akuntan pemerintah ini menjalankan fungsi akuntan pada sektor pemerintahan yakni melakukan penyusunan laporan keuangan suatu pemerintah. Di samping itu, melakukan fungsi audit yakni melakukan pemeriksaan terhadap instansi pemerintah, lembaga, atau perusahaan dimana pemerintah memiliki kepentingan seperti pajak atau bea cukai. Dengan demikian, akuntan pemerintah termasuk menjalankan fungsi eksternal audit.

2. Jelaskan mengenai standar teknis!
Jawaban : Setiap orang memiliki profesi akuntansi wajib untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan standar teknik dan standar professional yang relevan. Setiap anggota dalam melaksanakan tugasnya harus berdasarkan keahlian dan kehati-hatian dan memegang prinsip integritas dan objektivitas.

3. Jelaskan peranan akuntansi sebagai sistem informasi!
Jawaban : Informasi akuntansi digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan atau yang berkepentingan, sebagai dasar untuk menilai dan membuat keputusan. Pemakai informasi akuntansi tersebut dapat kita bedakan menjadi dua pihak, yaitu pihak intern dan pihak ekstern.

4. Jelaskan pengertian akuntansi apabila ditinjau dari sudut pandang proses kegiatannya!
Jawaban : Sedangkan, akuntansi jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatannya bisa didifinisikan sebagai proses pencatatan, pengglongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu etitas. Dalam hal ini dapat dilihat, bahwa akuntansi merupakan kegiatan yang kompleks yang menyangkut berbagai kegiatan.

5. Bagaimana syarat suatu informasi akuntansi harus andal?
Jawaban : Suatu informasi harusandal. Suatu informasi yang dapat diandalkan harus mengandung pengertian seperti berikut.
a. Kejujuran penyajian hasil dan posisi keuangan harus diwujudkan
b. Masalah pokok ekonomi dari suatu kejadian harus digambarkan
c. Adanya kebebasan dari keberpihakan
d. Melakukan pencerminan kehati-hatian
e. Adanya pencakupan semua hal yang material.

6. Apakah yang di maksud akuntansi?
Jawaban : Akuntansi permukaan suatu proses mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan terhadap semua transaksi ekonomi dari entitas atau perusahaan.

7. Terangkan tujuan akuntansi!
Jawaban : Tujuan akuntansi yaitu membuat perencanaan yang efektif, sekaligus mengadakan pengawasan, serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen;

8. Deskripsi mengenai profesi akuntan!
Jawaban : Seseorang dalam posisi ini harus bertanggung jawab menghasilkan laporan keuangan dan informasi akuntansi lainnya dalam suatu perusahaan. Membukakan semua transaksi tepat waktu dan menghasilkan laporan secara periodic berdasarkan dengan format yang ditentukan merupakan tugas utama seorang akuntan. Dalam hal ini, akuntan terdiri dari akuntan keuangan (financial accountant) dan akuntan manajemen (management akuntant). Menjalankan fungsi pembukuan sampai pembuatan laporan keuangan merupakan fungsi akuntan keuangan. Sedangkan akuntan manajemen lebih berfokus pada usaha mengolah informasi keuangan sehingga menghasilkan hasil analisis yang digunakan untuk keperluan intern perusahaan.

9. Terangkan mengenai sistem akuntansi!
Jawaban : Sistem akuntansi artinya akuntansi yang berkaitan dengan prosedur akuntansi dan peralatan. Selain itu, menentukan langkah-langkah dalam melakukan pengumpulan dan pelaporan data keuangan.

10. Jelaskan kaitan badan-badan pemerintah membutuhkan informasi akuntansi!
Jawaban : Dalam masalah perpajakan dan ketenagakerjaan, pemerintah memiliki kepentingan terhadap perusahaan. Hal ini bertujuan agar besar penghasilan perusahaan yang bersangkutan dapat dihitung. Pemerintah dalam masalah ketenagakerjaan perlu memastikan apakah perusahaan telah menggaji atau memberi upah sesuai peraturan tentang. UMP (Upah Minimum Provinsi) dan UMK (Upah minimum kota/kabupaten).

Lanjut ke soal latihan nomor 11-25 ==> Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-2