Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-2

Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban bagian pertama (soal nomor 1-15) dengan materi yang sama, essay bagian kedua dimulai dari soal nomor 16.

16. Berikan contoh limbah organik yang dipakai untuk membuat kerajinan berbentuk bangun datar!
Jawaban:
Contoh bahan limbah organic dipakai untuk kerajinan tangan, yaitu limbah kulit jagung, limbah kertas, limbah jerami, limbah cangkang kerang, dan sebagainya.

17. Apakah dimaksud kerajinan anorganik?
Jawaban:
Kerajinan yang dibuat dengan limbah anorganik adalah limbah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Contoh bahan limbah anorganik yaitu yaitu dipakai untuk kerajinan tangan, yaitu plastik, beling dan baja.

18. Jelaskan yang dimaksud kerajinan tangan berbentuk segitiga?
Jawaban:
Kerajinan berbentuk segitiga, yaitu kerajinan tangan yang berbentuk bangun datar yang terbentuk oleh tiga buah titik yang tidak segaris.

19. Bagaimanakah karakteristik kerajinan tangan berbentuk lingkaran
Jawaban:
Kerajinan berbentuk lingkaran, yaitu kerajinan tangan yang berbentuk bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. Contohnya keset, taplak meja, gantungan kunci berbentuk, lingkaran, dan lain-lain.

20. Apakah yang dimaksud teknik potong?
Jawaban:
Teknik potong, yaitu teknik dengan cara memotong atau memisahkan bahan menjadi dua bagian atau lebih dalam membentuk benda kerajinan.

21. Jelaskan yang dimaksud dengan BEP!
Jawaban:
Suatu tingkat penjualan yang dapat menutup fixed dan variable operating expenses atau biaya-biaya yang bersifat tetap atau variabel.

22. Apakah yang dimaksud teknik konstruksi?
Jawaban:
Sebuah disiplin professional yang menangani perancangan, perencanaan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur seperti jalan bebas hambatan, jembatan, Bandar udara, rel, bangunan, bendungan, dan sarana lainnya.

23. Apakah titik berat perencanaan pada produk kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar!
Jawaban:
Membangun sebuah wirausaha kerajinan limbah berbentuk bangun datar.

24. Jelaskan yang dimaksud bentuk pada produk kerajinan berbentuk bangun datar!
Jawaban:
Produk kerajinan berbentuk bangun datar adalah suatu hasil karya yang berwujud dua dimensi.

25. Bagaimanakah kaitan kemampuan perajin yang mampu menghubungkan bentuk dengan fungsi dalam pembuatan produk kerajinan limbah berbentuk bangun datar?
Jawaban:
Dalam pembuatan produk kerajinan, seorang pengrajin harus mampu menghubungkan bentuk dan fungsi, sehingga karya yang dihasilkan dapat memenuhi fungsi. Sementara bentuknya tetap mengutamakan nilai estetika agar menarik para pembeli.

26. Mengapa pembuatan kerajinan tangan dari limbah sebaiknya berbentuk unik?
Jawaban:
Hasil produk sebaiknya yang unik, agar produk kreasi bisa menjadi trademark dan dikenal orang atau diingat orang karena ada sesuatu yang berbeda, baik dari segi kemasan, bentuk maupun warna.

27. Bagaimanakah analisis peluang dalam kerajinan limbah berbentuk bangun datar?
Jawaban:
Analisis peluangnya yaitu merupakan peluang yang terbuka lebar menjadi wirausahawan kerajinan tangan berbahan limbah berbentuk bangun datar.

28. Terangkan mengenai promosi dalam kerajinan tangan berbahan limbah!
Jawaban:
Promosi dalam sentra kerajinan limbah adalah setiap aktivitas yang ditujukan untuk memberitahukan, membujuk, atau memengaruhi konsumen untuk tetap menggunakan produk yang dihasilkan oleh perajin tersebut.

29. Jelaskan mengenai karakteristik kerajinan limbah berbentuk jajar genjang!
Jawaban:
Kerajinan berbentuk jajar genjang, yaitu kerajinan tangan yang berbentuk segi empat yang sisinya sepasang-sepasang sama panjang dan sejajar.

30. Terangkan mengenai analisis ancaman dalam berwirausaha kerajinan limbah berbentuk bangun datar!
Jawaban:
Analisis ancaman ( threats ), yaitu sebagai berikut:
a. usaha sejenis sudah banyak bermunculan yang mengancam kerja sama dengan para pelanggan.
b. jumlah peminat dalam negeri bisa merosot karena mereka biasanya kurang menghargai produksi dalam negeri dan lebih mengacu pada produk impor.

Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-3