-->

Selasa, 16 Februari 2021

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-8

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-8 berisikan materi soal bab tentang "Taat Kepada Aturan, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Bekerja Keras". Selain itu soal essay PAI kelas 11 semester satu kurikulum 2013 bagian kedelapan, merupakan lanjutan soal essay PAI bagian ke-7 (soal nomor 71-85) dengan materi soal dan bab yang berbeda tentunya.

( Baca juga materi yang sama dalam bentuk pilihan ganda: Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-6 )

Berikut, soal agama Islam kelas xi semester ganjil dengan kurikulum kurtilas dilengkapi dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat dimulai dari soal nomor 86.

86. Bagaimana cara menunjukan ketaatan kepada Allah Swt.?
Jawaban: Menunaikan semua perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya merupakan cara menunjukan ketaatan kepada Allah Swt. Misalnya, menunaikan salat, mengerjakan puasa, membayar zakat, menunaikan ibadah haji bagi yang mampu, meninggalkan perbuatan judi, minum khamer, dan lain sebagainya.

87. Bagaimana cara menunjukan ketaatan kepada guru?
Jawaban: Ketaatan kepada guru ditunjukan dengan mematuhi perintahnya, menghormati, dan bersikap peduli.

88. Rasulullah saw. selalu menekankan kepada umatnya umatnya untuk selalu taat kepada pemimpin dalam batas-batas syariatnya. Jelaskan maksudnya!
Jawaban: Apabila pemimpin-pemimpin tersebut menyalahi aturan Allah Swt. dan rasul-Nya, maka perintahnya itu tidak perlu ditaati.

89. Jelaskan yang dimaksud orang yang benar-benar mencintainya Rasulullah!
Jawaban: Orang yang benar-benar mencintai Rasulullah saw. adalah orang yang mengikuti sunnah Rasulullah saw secara zahir dan batin serta selalu memelihara perkataan dan perbuatan nya dengan meneladani sunnah Rasulullah saw.

90. Apa yang kita peroleh jika kita senantiasa menaati perintah Allah Swt.?
Jawaban: Memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat serta kelak akan masuk surga.

91. Apa yang dimaksud semangat fastabiqul khoirat?
Jawaban: Semangat fastabiqul khoirat adalah semangat kompetisi dan semangat juang yang bernilai tinggi untuk meraih prestasi hidup.

92. Mengapa kita tidak boleh berlomba dalam keburukan atau kejahatan?
Jawaban: Perlombaan dalam keburukan atau kejahatan itu dilarang karena telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya dan hanya akan merugikan manusia itu sendiri.

93. Jelaskan tentang orang yang tidak memiliki semangat dalam kompetisi!
Jawaban: Mereka yang tidak memiliki semangat kompetisi adalah mereka yang kalah, pesimis atau tidak mempunyai cita-cita yang mulia. Orang seperti ini cenderung akan menjadi orang yang tersisihkan atau mengalami kegagalan dalam hidupnya.

94. Bagaimana balasan tindakan manusia ketika di dunia?
Jawaban: Setiap perbuatan manusia yang dilakukan selama hidup di dunia akan mendapatkan balasan yang sesuai di akhirat nanti.

95. Bagaimana sikap seorang muslim terkait dengan dunia yang sarat dengan persaingan?
Jawaban: Terkait dengan dunia yang sarat dengan persaingan, maka seorang muslim harus mampu menunjukan kesungguhannya dalam bekerja cepat. Kita harus mampu menjadi inisiatif atau pelopor dalam kebaikan. Karena dengan semangat inilah, maka usaha untuk meraih cita-cita dan harapan akan dengan mudah diwujudkan dan hasilnya akan baik dan berguna.

96. Apa yang dimaksud kerja keras?
Jawaban: Kerja keras adalah usaha maksimal untuk memenuhi keperluan hidup di dunia dan di akhirat disertai sikap optimis.

97. Setiap manusia harus selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani maupun rohani. Sebutkan macam-macam kebutuhan tersebut!
Jawaban: Kebutuhan jasmani antara lain makan, pakaian, dan tempat tinggal, sedangkan kebutuhan rohani diantaranya beribadah, ilmu pengetahuan, nasihat, dan lain sebagainya.

98. Sebutkan contoh kerja keras yang dilaksanakan dilingkungan sekolah!
Jawaban:
a. Giat dan bersemangat dalam belajar
b. Bersikap aktif dalam belajar, misalnya bertanya kepada guru tentang materi yang akan dipahami.
c. Tidak mudah putus asa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
d. Tidak bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah
e. Rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi diri.

99. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum tersebut yang mengubahnya. Tuliskan ayat yang menjelaskan hal ini!
Jawaban:

100. Sikap kerja keras harus diwujudkan dalam kehidupan nyata. Bagaimana cara mewujudkan hal ini?
Jawaban: Cara mewujudkan sikap kerja keras dalam kehidupannya nyata adalah dengan menjalankan sesuatu secara sungguh-sungguh, istiqamah, dan tidak mudah menyerah.